Selain GSJ, Giliran Tiga Lapangan Latihan Direnovasi

News
FIFA U-20 World Cup , Intruksi Presiden , Lapangan Baseball , Panitia Nasional FIFA U-20 , PSSI , Stadion Atletik , Stadion Gelora Sriwijaya

Penunjang FIFA U-20 World Cup 2021 di Palembang

Palembang, LamanQu.id – Ditunjuknya Stadion Gelora Sriwijaya (GSJ) Palembang sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 Tahun 2021 harus didukung dengan kesiapan pasilitas penunjang lainnya termasuk diantaranya lapangan l

atihan bagi kesebelasan yang akan bertanding nantinya.

Sebagai wujud komitmen serius Pemprov Sumsel, dilakukan renovasi terhadap lapangan yang nantinya akan dijadikan tempat latihan bagi tim tamu yang akan bertanding. Setiaknya ada tiga lapangan latihan yang akan diperioritaskan untuk direbonasi yaitu, Stadion Atletik, Lapangan Panahan, Lapangan Baseball.

Hal itu terungkap dalam sosialisasi secara virtual antara Gubernur Sumsel H. Herman Deru dengan Direktur Prasarana Strategis, Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR RI  Iwan Supriyanto yang berlangsung diatas kapal Kapal KN Kalian yang bersandar di  dermaga Navigasi Boom Baru (diatas , Selasa (29/9/2020).

Dikesempatan itu Gubernur H. Herman Deru mengaku bangga atas diterbitkannya Intruksi Presiden (Inpres) Nomor 08 Tahun 2020 tentang dukungan penyelengaraa FIFA U-20 World Cup tahun 2021 dan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 19 tahun 2020 tentang Panitia Nasional penyelengaraan FIFA U-20 World Cup 2021.

Gubernur Herman Deru mengatakan Provinsi Sumsel terus melakukan merenovasi terhadap Stadion Gelora Sriwijaya (GSJ) Jakabaring dimulai dari lighting, rumput dan kelengkapan prasarana lainnya termasuk kelayakan ditiga lapangan yang akan dijadikan sebagai lokasi latihan seperti Stadion Atletik, Lapangan Panahan dan Lapangan Baseball.

“Khusus untuk tiga latihan termasuk pemasangan pagarnya akan dikerjakan. Karena itu kita sangat mengharapkan dukungan Pemerintah pusat, PSSI dan pihak terkait lainnya,” harap Herman Deru.

Di kesempatan ini Herman Deru mengucapkan terima kasih kepada Kementerian PUPR RI, Kemenpora RI dan juga PSSI terlebih kepada Presiden RI, Joko Widodo yang telah mempercayakan Sumsel menjai Host City Piala Dunia U-20.

“Kami Pemprov Sumsel akan bahu- membahu untuk melengkapi segala persyaratan yang ditentukan oleh FIFA, selain itu di faktor ekternal juga kita mempersiapkan Hospitality akan kita siapkan bersama Pemkot Palembang,” ungkapnya.

Sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 ini nantinya, Herman Deru menginginkan Sumsel bukan hanya sukses dalam penyelenggaraan tapi juga sukses dalam pemulihan ekonomi nasional serta sukses dalam sektor kepariwisataan.

“Dan tak kalah penting sukses dalam  memacu semangat para pemuda-pemuda sepakbola Sumsel.

Insya Allah nantinya pemain lokal kita berkembang dan terpancing minatnya untuk menjadi pemain-pemain bola yang profesional,”katanya.

Sementara Direktur Prasarana Strategis, Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR RI, Iwan Supriyanto mengatakan sesuai dengan Intruksi Presiden (Inpres) Nomor 08 Tahun 2020 tentang dukungan penyelengaraan FIFA U-20 World Cup tahun 202, pihaknya mendapat tugas untuk merenovasi 3 lapangan latihan yang berada di komplek JSC diantaranya Atletic, Panahan dan Baseball.

“Tiga lapangan ini akan di makeover menjadi lapangan pendamping Stadion Bumi Sriwijaya. Penanganan tiga lapangan ini sesuai arahan pak Menteri akan di satukan paketnya dengan di Jawa Barat dan Jawa Timur,” jelasnya.

Sedangkan untuk target pengerjaan renovasi dia menyebut pengerjaan dilakukan pada Oktober mendatang karena target rampung pada bulan Mei atau akhir Maret 2021.

“Untuk ketiga lapangan ini harus sesuai standar piala dunia, diantaranya memasang penerangan yaitu lampu dengan kapasitas 800 lux untuk antisipasi latihan malam. Kawasan sekitar jga harus ada untuk drop off bus pemain serta melengkapinya dengan ruang ganti termasuk toilet,” imbuhnya. (RLQ)