PTBA Salurkan Dana Kemitraan sebesar Rp 12,9 M

News, Sumsel
Corporate Social Responsibility , CSR PTBA , dana kemitraan , Desa Berangau , kewirausahaan masyarakat , PT Bukit Asam , PTBA tetap eksis , suplay air bersih
Penyerahan bantuan oleh CSR Bukit Asam

TANJUNG ENIM, LamanQu.idPT Bukit Asam Tbk sejak awal berdiri dan beroperasi telah melibatkan masyarakat  sebagai salah satu pemangku kepentingan di sekitar perusahaan.

Melalui program Corporate Social Responsibility  (CSR) PTBA berkomitmen  mendorong tumbuhnya kewirausahaan masyarakat dengan membantu usaha kecil.

Diantaranya, memberikan pendampingan,  pelatihan dan bantuan pemasaran sehingga akhirnya mampu berkembang menjadi pengusaha yang tangguh dan mandiri.

Guna mencapai itu semua,  di gedung RKB Desa Lingga Tanjung Enim, PTBA  melakukan penyaluran dana program kemitraan tahap VI,  Rabu (02/09/2020).

Bantuan senilai 5,3 miliar ini diserahkan secara simbolis oleh Senior Manajer CSR PTBA, Zulfikar Azhar yang diwakili oleh Manajer Keuangan CSR Yusril Alamsyah kepada 111 mitra binaan berupa pinjaman tanpa bunga kepada para  pelaku usaha kecil dan menengah bidang pertanian,  perkebunan, peternakan, perikanan, jasa maupun bidang industry dengan nilai yang bervariasi sesuai dengan tingkat kebutuhan usaha mulai dari Rp15 juta sampai dengan Rp200 juta.

Dalam sambutannya, Senior Manajer  CSR PTBA, Zulfikar Azhar mengatakan tujuan perusahaan melakukan penyaluran dana program kemitraan yang tanpa bunga ini untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyakarat, pengembangan usaha yang mandiri dan tangguh serta mengentaskan kemiskinan.

Dia mengatakan, sepanjang  tahun 2020 CSR PTBA telah  menyalurkan dana kemitraan sebanyak 277 mitra binaan dengan total nilai Rp.12,9 Miliar yang tersebar di wilayah kabupaten Muara Enim, Lahat, Pagar Alam, Prabumulih dan Palembang.

Ditemui terpisah, Manajer Humas PTBA, Iko Gusman menyampaikan bahwa perusahaan akan selalu berupaya untuk memberdayakan dan memajukan masyarakat sekitar dengan tetap berdasarkan peraturan dan ketentuan yang berlaku serta disesuaikan dengan kondisi perusahaan.

“Melalui program bantuan dana kemitraan CSR PTBA ini berharap dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di sekitar lingkungan perusahaan dengan menjadi pelaku usaha yang tangguh dan mandiri, sejalan dengan tujuan perusahaan untuk tumbuh dan berkembang bersama lingkungan” pungkasnya.

Semantara itu, Eriska salah satu penerima bantuan dana kemitraan dari Desa Berangau Tanjung Enim mengucapkan banyak terima kasih pada PTBA yang sudah percaya diberikan dana lunak pinjaman ini sebesar 35 juta untuk tahap awal sebagai usaha suplay air bersih.

“Rencana uang ini akan kami gunakan untuk membeli mesin penyulingan air bersih dan tekmon Karena selama ini kami masih kurang tedmon penampungan air, sehingga jam 10 sudah habis,” ucapnya. Ia berharap semoga kedepan PTBA tetap eksis, maju, memberi manfaat serta berkembang harmonis bersama lingkungan sekitar perusahaan.(ril)