Penderita Kurang Gizi Kembali Mendapat Sentuhan Hj. Eva Susanti

News, Sumsel
Bantuan Pangan , DPD RI , Gizi Buruk , Hj. Eva Susanti , Kabar Senator , Ketua Karang Taruna , Pemuda Peduli OKU Timur

Martapura, LamanQu.id – Senator asal Daerah Pemilihan Sumatera Selatan Hj. Eva Susanti menyalurkan bantuan melalui Staf Ahli nya Rasmi Daliana,M.Pd sekaligus selaku Ketua Koordinator Posko Bersama Pemuda Peduli OKU Timur (PPOKUT) di Desa Rejo Sari RT. 001, RW 005 Kecamatan Belitang Jaya, Selasa, (01/09/2020).

Mendapat laporan dari Ketua Karang Taruna Desa Rejo Sari (Nuryadi) yang juga anggota dari Posko Pemuda Peduli Oku Timur, bahwa keluarga penderita gizi buruk kehabisan bahan pangan, tidak menyurutkan hati Hj. Eva Susanti untuk segera membantu tanpa harus menyikapi sebenarnya pemerintah daerah setempatlah yang seharusnya terlebih dahulu membantu mereka.

Rasmi mencatat terhitung ketiga kalinya Hj. Eva Susanti memberikan bantuan kepada Suryono (44tahun) dan Minarti (35tahun) penderita gizi buruk.

“Bantuan yang diberikan masih sama berupa sembako,” singkatnya ketika ditanya bentuk santunan seperti apa yang ia serahkan ke kelurga gizi buruk tersebut.

Rasmi pun kemudian menyampaikan rasa perihatin nya atas apa yang menimpa keluarga tersebut belakangan ini.

“Kita dapati baru baru ini mereka berobat ke RSUD,  akan tetapi tetap saja disuruh menebus obat dengan membayar sedangkan kondisi mereka tak mampu untuk itu (beli) sebab memprihatinkan dan pada akhirnya mereka pulang tanpa membawa obat,” tutur Rasmi.

“Berobat ke dokter memang gratis namun menebus obat harus bayar, ” Rasmi menambahkan.

Kendati itu Rasmi pun masih patut berbangga masih ada uluran tetangga yang perduli sama keluarga ini. Dia menyebut seorang bidan desa dengan ikhlas mau memberikan obat secara cuma cuma.

“Alhamdulillah masih untung masih ada bidan setempat yang mau membantu mereka dengan memberikan obat, ” ungkapnya.

Lebih jauh Rasmi menilai Suryono dan Minarti butuh obat obatan yang sesuai dengan resep dokter.

“Mereka butuh asupan vitamin setiap hari, dan semestinya itu pemerintah daerah hendaknya memberikan perhatian baik ketersediaan pangan bagi keluarga tersebut dan fasilitas kesehatan beserta obat obatan dari dokter secara  gratis,” tambahnya nya seraya menyebut harus ada peran negara atau Pemda yang tentunya memiliki Dinas terkait hal tersebut.

Eva Susanti, DPD RI, Anggota DPD RI Dapil Sumsel

Senada dengan Anggota DPD RI Dapil Sumsel Hj Eva Susanti saat diwawancara via WhatsApp mengatakan akan rasa prihatin atas kejadian yang menimpah keluarga tersebut yang ia nilai luput dari tanggungjawab Kepala Daerah setempat.

Eva pun berharap  agar segera ada bantuan rutin dari pemerintah daerah untuk keluarga tersebut.

“Mereka tidak hanya butuh bantuan pangan, namun butuh bantuan obat obatan juga,” tulis nya melalui WhatsApp ke media ini.

Laporan Tova