Semarak Kemerdekaan, Live Streaming hingga Uang Pecahan Baru

News
cenderamata , Gubernur Bank Indonesia , instana negara , live streaming , Menteri Keuangan , numismatika
Momen Pengibaran Bendera Pusaka HUT Ke 75 RI, Di Istana Negara

Lamanqu.id – Peringatan kemerdekaan tahun ini tetap meriah seperti sebelumnya, walau indonesia masih merasakan dampak dari waba virus corona, namun hal itu bukan kendala.

Dengan menyediakan fasilitas live streaming, upacara pengibaran dan penurunan bendera di instana negara dapat di saksikan oleh semua rakyat indonesia.

Dikabarkan pula adanya uang baru yang dimana rilis bertepatan dengan momentum ulang tahun kemerdekaan yang jatuh pada hari senin tanggal 17 agustus 2020.

Uang Pecahan Baru Rp 75.000, Di Hari Kemerdekaan RI

Mengutip dari Kompas TV, Peluncuran uang pecahan baru tersebut akan diresmikan secara langsung oleh Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo bersama dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

“Dalam kesempatan baik ini kami bermaksud menyampaikan undangan sekaligus mohon konfirmasi kehadiran rekan-rekan pada acara ‘Peresmian Pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia’ bersama Gubernur Bank Indonesia dan Menteri Keuangan,” jelas BI dalam undangan yang dilansir Kompas.com.

Uang rupiah khusus tersebut memiliki nilai nominal yang berbeda dari nilai jualnya.

“Uang rupiah khusus terdiri dari koin edisi khusus dan atau uang kertas yang tidak dipotong sehingga menyerupai satu lembaran besar yang terdiri dari beberapa lembar uang (uang tersambung),” jelas BI.

Untuk diketahui, uang rupiah khusus merupakan alat pembayaran yang sah. Namun, tidak digunakan sebagai alat tukar.

Biasanya, uang rupiah edisi khusus ini merupakan sarana perkembangan numismatika atau hanyalah sebagai koleksi uang di Indonesia.

Meski demikian, pihak BI menuturkan uang tersebut dikemas secara menarik dan juga unik sehingga bisa dijadikan sebagai cenderamata.(RED)