Manfaat Madu Hitam untuk Kesehatan

  • Whatsapp

LamanQu.id – Madu yang biasanya ditemukan di pasaran biasanya identik dengan warna yang bening kecoklatan dan memiliki tekstur rasa yang manis.

Madu hitam atau bitter black honey merupakan jenis madu yang berbeda dengan madu pada umumnya.

Bacaan Lainnya

Madu hitam memiliki ciri-ciri fisik berwarna hitam pekat dan rasa yang lebih pahit sehingga sering disebut dengan madu hitam pahit.

Mengapa rasa madu bisa berbeda-beda, hal tersebut karena disebabkan oleh tumbuhan yang diserap lebah juga berbeda-beda sehingga menentukan jenis madu yang akan dihasilkan. Madu hitam merupakan hasil madu liar yang diduga mengambil sari dari pohon mahoni.

Selain itu, madu hitam juga dipercaya memiliki kandungan senyawa yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Madu hitam umumnya tersedia dalam bentuk raw honey yang tidak melewati berbagai pemprosesan seperti madu pada layaknya.

Baca Juga :  Manfaat Madu Untuk Kesehatan

Berikut 6 manfaat Madu hitam untuk kesehatan  

1. Meningkatkan Stamina
Manfaat madu hitam bagi kesehatan adalah madu hitam dipercaya dapat meningkatkan stamina tubuh. Stamina begitu penting karena menyangkut dengan aktivitas sehari-hari. Mengonsumsi madu hitam secara rutin dipercaya dapat membuat tubuh lebih bertenaga dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

2. Meningkatkan Sistem Imun
Adanya sifat antiinflamasi pada madu hitam membuat madu hitam sangat bermanfaat untuk proses penyembuhan berbagai penyakit. Senyawa femolat yang juga merupakan antioksidan dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi bukan hanya bermanfaat sebagai bahan alami untuk menyembuhkan berbagai penyakit, namun madu hitam juga dapat digunakan sebagai pencegah berbagai penyakit.

3. Menurunkan Gula Darah
Manfaat madu hitam bagi kesehatan yang pertama adalah madu hitam dapat dipercaya sebagai obat untuk menurunkan kadar gula darah. Oleh sebab itu, madu hitam sangat baik untuk dikonsumsi bagi para penderita diabetes.

Baca Juga :  Benarkah Pasien RSMH Tidak Terjangkit Virus Corona?

Kandungan gula dalam madu hitam juga diketahui lebih sedikit dibandingkan dengan madu biasa. Oleh karena itu madu hitam dipercaya sangat bagus untuk menurunkan kadar gula darah karena kandungan gulanya yang rendah.

4. Menurunkan Kadar Asam Urat
Manfaat madu hitam untuk kesehatan yang berikutnya adalah bermanfaat bagi para penderita radang persendian dan nyeri pada sendi-sendi tubuh yaitu penyakit asam urat. Tanda-tanda seseorang terkena penyakit asam urat diantaranya adalah gejala nyeri pada sendi, pembengkakan, hingga membuat penderitanya sulit bergerak. Gunakan madu hitam untuk dikonsumsi secara rutin agar kadar asam urat dapat kembali secara normal

5. Mengatasi Gangguan Pencernaan
Manfaat madu hitam untuk kesehatan yang selanjutnya adalah dapat mengatasi gangguan pencernaan. Madu hitam dipercaya mampu untuk menetralkan kadar asam lambung, sehingga apabila anda mengonsumsi makanan yang bersifat asam ataupun pedas, lambung akan tetap terlindungi dengan rutin mengonsumsi madu hitam.

Baca Juga :  Perhatikan 8 Tips Menjaga Mata Kita Tetap Sehat

Selain itu, berbagai penyakit yang berkaitan dengan lambung seperti grasitis, tukak lambung, dan masalah pencernaan lainnya juga dapat diredakan dengan rutin mengonsumsi madu hitam.

6. Meningkatkan Fungsi Ginjal dan Hati
Ginjal merupakan salah satu organ vital yang berperan penting bagi tubuh. Terganggunya fungsi ginjal dan hati dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Madu hitam dipercaya sampai saat ini sebagai bahan alami untuk menjaga kesehatan ginjal dan hati pada tubuh Anda. Konsumsi madu hitam secara rutin agar fungsi ginjal dan hati Anda tetap terjaga dan dapat bekerja secara maksimal.

Gimana masih ragu dengan manfaat dari Madu hitam yang kaya bagi kesehatan kita, semoga bermanfaat. (Rlq)

mall pelayanan publik
banner covid-19, banner pemkot tentang covid, himbauwan pemkot sumsel
banner covid-19, promosi pemkot, banner pemkot sumsel
waspada kebakaran, larangan membakar hutan, kebakaran hutan, banner karhutbunlah,