Kopi Ranau Komoditas Menjanjikan, Dikenal Hingga Mancanegara

  • Whatsapp

Muaradua, LamanQu.id – Semenjak dari zaman penjajahan Belanda kopi Ranau sudah lama dikenal luas, khususnya kopi robusta. Apa lagi jika dinikmati pada suasana santai di malam hari.

Sebagian besar masyarakat Ranau berprofesi sebagai petani Kopi yakni menggantungkan hidup lahan lahan yang ditumbuhi secara rapat dan berbaris baris batang Kopi. Hal itu di dukung memang alam nya masyarakat Ranau, Oku Selatan kejatuhan berkah karunia alam yang subur, geografis perbukitan menambah gairah pohon pohon kopi itu, mungkin tidak alasan untuk tidak berbuah.
Selain memang dari zaman jauh sebelum merdeka Bumi Serasa Seandanan ini masyarakat nya terbiasa dengan tipikal pekerja keras, tetap saja karena Kopi menjadi andalan selain sawah, maka komoditas unggulan untuk menyokong dan membiayai hidup menjadi petani kopi bagi daerah ranau adalah pilihan yang sangat tepat bagi mereka.

Baca Juga :  Hari Ini Emas Batangan 24 Karat di Pegadaian Cenderung Naik

Bacaan Lainnya

Kopi ranau, kopi, petani kopi, kopi robusta

Wajar jika Saat ini daerah Ranau merupakan sentra penghasil kopi dan sebagian besar kopi dari daerah ini di ekspor ke daerah Lampung dan ke daerah Jawa bahkan sudah merambah pasar luar negeri.

Camat Banding agung Adi saputra saat di temui LamanQu Oku Selatan membenarkan bahwasanya kopi Ranau sudah dikenal baik dalam negeri mau pun mancanegara. Sabtu (15/08/2020).

Baca Juga :  Kenaikan Harga Bahan Pokok Menjelang Lebaran Masih Wajar

“Ya Kerap kali para pengunjung wisata Danau Ranau yang datang dari kota lain selalu membawa buah tangan Kopi daerah kita ini,” ucapnya.

” Menurut mereka ketika balik kesini lagi pasti akan memborong sebanyak mungkin untuk dibagi ke sanak dan handai taulan,” kata Camat.

” Kopi ranau memiliki rasa dan mereka meyukai aroma kopi ranau yang khas” tukas Adi Saputra. (tisna)

vaksinasi di palembang, ayo vaksinasi, sukseskan vaksinasi di palembang himbauwan 3m dan 3t ucapan selamat untuk bupati okus ucapan selamat dari eva pelantikan bupati okus ucapan pelantikan dari linkulin ucapan dari nindi firdaus ucapan dari natalion