Sidang Paripurna DPRD Sumsel Dengarkan Pidato Kenegaraan HUT RI ke-75

  • Whatsapp

Palembang, LamanQu.idSidang Paripurna Istimewa DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo (Jokowi), dalam rangka Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-75 pada Jum’at (14/8/2020). Sidang Paripurna dibuka Ketua DPRD Sumsel, Hj RA Anita Noeringhati.

Paripurna juga turut dihadiri diantaranya Wakil Ketua DPRD Sumsel Kartika Sandra Desi, dan Muchendi Mahzareki, Gubernur Sumsel, H Herman Deru, Wakil Gubernur Sumsel, H Mawardi Yahya, Sekda Sumsel, H Nasrun Umar , Kapolda Sumsel, Pangdam II Sriwijaya, Komandan Lanud Sri Mulyono Herlambang (SMH) Kolonel Pnb Firman Wirayuda S.T., M.Soc.Sc, Danlanal Palembang Kolonel Laut (P) Filda Malari, CTMP, Forkompinda Sumsel dan OPD Sumsel.

Bacaan Lainnya

Baca Juga :  Kejati Sumsel Panggil Kades OKUT Terkait Pelsiran ke Bali

Pidato kenegaraan, Paripurna DPRD Sumsel, DPRD Sumsel, HUT RI

Pidato Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa semestinya pada HUT RI tahun ini sudah banyak perayaan yang digelar untuk memeriahkannya.

“Semestinya sejak dua pekan yang lalu, berbagai lomba dan kerumunan penuh kegembiraan, karnaval-karnaval perayaan peringatan hari kemerdekaan diadakan, menyelimuti suasana bulan kemerdekaan ke-75 RI,” kata Jokowi.

Namun, semua yang sudah direncanakan tersebut harus berubah total akibat pandemi COVID-19. Di mana sebanyak 215 negara tanpa terkecuali, sedang menghadapai masa sulit diterpa pandemi. Dalam catatan WHO sampai dengan 13 Agustus, terdapat lebih dari 20 juta kasus di dunia, dengan jumlah kematian sebanyak 737 jiwa.

Baca Juga :  Pembelian Buku Harus Dimusyawarahkan dengan Orang Tua Siswa

Akan tetapi semua itu tidak boleh mengurangi rasa syukur dalam memperingati 75 tahun Indonesia merdeka,” kata Presiden.

Gubernur Sumsel, Herman Deru mengatakan, jangan sampai situasi pandemi sebagai kepasrahan kita menjadi krisis, tapi jadikanlah krisis tersebut sebagai lompatan yang lebih tinggi lagi.

“Kalau presiden punya istilah seperti itu, saya punya istilah juga the power of kepepet, kalau kepepet kita melompat,” katanya saat usai mendengarkan pidato Presiden di Ruang Rapat Paripurna DPRD Sumsel.

Menurutnya, Sumsel sebagai Provinsi yang masyarakatnya tangguh dalam berekonomi, hal tersebut dikarenakan Sumsel selalu memprioritaskan UKM dan UMKM tanpa mengenyampingkan usaha besar lainnya.

“Saya menghimbau masyarakat harus tenang, karena vaksin COVID-19 sudah ketemu bahkan di Rusia sudah diberlakukan dua hari yang lalu,” katanya.

Baca Juga :  Herman Deru Bangga Visi Presiden Selaras dengan Visi HDMY

Sementara itu, Ketua DPRD Sumsel, Hj RA Anita Noeringhati menambahkan, pihaknya bersama Gubernur Sumsel, Herman Deru selalu menjaga untuk penanganan COVID-19. Tidak hanya dimensi kesehatan tapi dimensi ekonomi.

“Selaku lembaga yang menentukan anggaran, DPRD Sumsel terus mendorong Pemprov Sumsel, karena DPRD sebagai lembaga penganggaran, eksekutornya tetap pemerintah eksekutif,” bebernya.

Dirinya menilai, pergerakan ekonomi di Sumsel, khusunya kota Palembang sudah mulai timbul, hal tersebut dikarenakan pihaknya bersama Pemprov Sumsel selalu menghimbau agar masyarakat selalu menerapkan protokol kesehatan. “Kita selalu mengingatkan tentang dimensi ekonomi, pertumbuhan ekonomi harus segera digerakkan,” pungkasnya. (Yanti/ADV)