Prakerja Gelombang 5: Jadwal, Syarat Terbaru dan Tips Lolos Seleksi

  • Whatsapp

LamanQu.id – Pemerintah kembali lagi menggulirkan program Kartu Prakerja gelombang 5 dan akan dibuka pendaftaran pada hari Sabtu, 15 Agustus 2020, pukul 12.00 WIB.

Pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 4 telah ditutup pada Rabu 12 Agustus 2020 pukul 23.59 WIB. Masyarakat yang belum sempat mendaftar bisa mengikuti Prakerja gelombang 5.

Bacaan Lainnya

Bagi Anda yang belum sempat bergabung ke gelombang 4, tak perlu khawatir karena gelombang berikutnya akan dibuka pada akhir pekan ini, kata pernyataan resmi dari Manajemen Pelaksana.

Sebelumnya pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 4 memang dibuka di akhir pekan yakni 8 Agustus 2020 melalui portal resmi www.prakerja.go.id. Syarat agar lolos program Prakerja gelombang 5, pelamar harus lolos beberapa layer verifikasi data, mulai dari verifikasi email, nomor ponsel, NIK, usia hingga lolos tes Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar. Pastikan email dan nomor ponsel yang didaftarkan masih aktif.  Berdasarkan keterangan dari Prakerja, pendaftar harus menyediakan Kartu Keluarga. Selain itu, untuk bergabung dalam program ini, Anda haru memberikan persetujuan terkait data yang telah di-input

Baca Juga :  Semoga Banyuasin Zero Covid-19

“Pastikan data dan informasi yang Anda berikan benar dan jujur,” tulis Tim Prakerja. Agar lolos, Anda juga harus memenuhi syarat berdasarkan Peraturan Presiden nomor 76 tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 36 Tahun 2020 tentang Pengembangan Kompetensi Kerja Melalui Program Kartu Prakerja yaitu merupakan WNI. Selain itu harus berusia paling rendah 18 tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal. Program Prakerja gelombang 5 ini juga dibuka untuk pencari kerja, pekerja yang terkena PHK atau dirumahkan.

Program Prakerja gelombang 5 ini tidak dibuka untuk:
1. Pejabat Negara
2. Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah
3. Aparatur Sipil Negara
4. Prajurit Tentara Nasional Indonesia
5. Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia
6. Kepala Desa dan perangkat desa
7. Direksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas pada badan usaha milik negara atau badan usaha milik daerah.

Baca Juga :  Kamu Penerima Kartu Prakerja? BNI Loh Bank Pembayar nya

Cara Daftar Prakerja Gelombang 5 Bagi yang Belum Memiliki Akun Jika persyaratan telah disiapkan, berikut tahapan pendaftaran Prakerja dengan membuat akun di prakerja.go.id: 1. Silahkan masukkan ke situs pendaftaran di https://www.prakerja.go.id/ 2. Masukkan nama lengkap, e-mail yang masih aktif dan kata sandi baru 3. Cek e-mail dari Panitia Prakerja dan ikuti petunjuk untuk konfirmasi akun e-mail. 4. Setelah konfirmasi akun e-mail berhasil, kembali ke situs prakerja.go.id.

Setelah membuat akun, berikut cara daftar program Kartu Prakerja: 1. Login akun yang sudah didaftar dengan Klik Daftar Kartu Prakerja. 2. Isi formulir pendaftaran (nama, e-mail, alamt tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status kebekerjaan, foto KTP dan nomor KK) 3. Klik Selanjutnya. 4. Masukkan nomor telepon yang masih aktif dan kode OTP yang dikirim melalui SMS 5. Lakukan Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar. Siapkan alat tulis dan kerja bila diperlukan. 6. Tunggu e-mail pemberitahuan dari Kartu Prakerja setelah menyelesaikan tes. 7. Setelah mendapat e-mail pemberitahuan, kembali ke situs dan gabung ke gelombang pendaftaran.

Baca Juga :  Bupati Banyuasin Rakor Di Muara Sugihan Bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyuasin

Cara Daftar Prakerja Gelombang 5 Bagi Peserta yang Tak Lolos Gelombang 4 Bagi peserta yang tidak lolos gelombang 1 hingga 4 bisa dengan mudah mendaftar pada gelombang 5. Peserta pun tak perlu melewati proses pengisian formulir. Selain itu, Anda juga tak perlu membuat akun baru. Cara mengikuti Prakerja gelombang 5 cukup dengan mengklik tombol “Mau Ikut Gelombang Kelima”. Pastikan Anda mengisi data dengan benar sesuai dengan yang disyaratkan. Peserta yang lolos Prakerja gelombang 5 bisa menerima manfaat yakni Rp3.550.000.

Rincian sebagai berikut: bantuan pelatihan sebesar Rp1 juta, insentif usai pelatihan sebesar Rp600.000 per bulan (untuk 4 bulan), insentif survei kebekerjaan sebesar Rp50.000 per survei (3 kali survei) atau total Rp150.000 per peserta.

Bagi peserta yang tidak lolos seleksi, peserta dapat mengikuti pendaftaran Kartu Prakerja pada gelombang berikutnya, silahkan untuk mendaftar.