Jika Pemilu Hari Ini? Heri Amalindo Dipilih 57,8 Persen

News
Heri Amalindo Bupati Pali , LPI (Lingkar Publik Independet) Sumsel

* Survei Pra Pilkada LPI, Heri Amalindo Unggul di PALI

Palembang, LamanQu.id – Lembaga survei terpercaya di Sumatera Selatan, Lingkar Publik Independent (LPI) merilis hasil surveinya di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

Direktur Eksekutif LPI Zainul Fiqri menyampaikan bahwa secara umum kinerja pemerintahan di PALI sekitar 90 persen dinilai cukup baik. Hanya sebanyak 5 persen yang menilai buruk. Secara khusus pula kinerja Heri Amalindo sebagai Bupati PALI 84 persen dinilai cukup memuaskan dan 12 persen tidak memuaskan. Bahkan, kinerja Fery Andreas Lacony sebagal Wakil Bupati dinilai 57 persen dinilai cukup memuaskan dan 24 persen dinilai tidak memuaskan.

“Dari angka tersebut menjelaskan bahwa kinerja pemerintah dan kinerja kepala
daerah PALI cukup bagus karena angka kepuasan tinggi,” dia menjelaskan.

Sambung Zainul, permasalahan Kabupaten PALI saat ini yang banyak dikeluhkan masyarakat adalah permasalahan pertanian, perkebunan, pengangguran serta kemiskinan.

“Ketiga persoalan ini harus menjadi
program prioritas yang diakomodir ke dalam APBD Kabupaten PALI untuk membuat program kerja pemerintah Kabupaten,” katanya saat Press Release
hasil survei Pra Pilkada Kabupaten PALI, Sabtu (11/7/2020).

“Diantara sepuluh nama tokoh Kabupaten PALI, tokoh yang dianggap sudah sangat populer dikalangan masyarakat adalah Herl Amallndo 99,8 persen, Devi Harlanto 61,0 persen, Asri AG 55 persen, Rizal Kennedy 53 persen. Selain dari keempat nama tokoh tersebut masih dibawah 50 persen,” tambahnya.

Secara tingkat Elektabilitas, pertanyaan spontan (top of mind) atau tertutup, 89,5 persen pemilih sudah menentukan pilihannya dan 20,5 persen belum menentukan pilihannya.

“Nah, jika pemilihan Bupati PALI dilaksanakan hari ini Heri Amalindo dipilih sebesar 57,8 persen, selisih cukup jauh dari Devi Harianto yang berada diurutan kedua yakni hanya sebesar 8 persen. Sementara nama-nama tokoh
lain juga sudah ada yang muncul, akan tetapi masih dibawah angka 5 persen (margin of error),” bebernya.

Dalam simulasi Elektabilitas 10, 5, 3, dan 2 nama balon Bupati PALI 2020, Posisi
Elektabilitas Heri Amalindo jauh lebih tinggi dengan rentang angka 68 -75 persen dengan kandidat lainnya.

Dipaparkannya, secara head to head Antara Pasangan Heri Amalindo-Soemarjono dengan Devi Harianto-Irwan, maka posisi Pasangan Heri Amalindo 72,3 persen, Selisih 61persen dari Pasangan Devi Harianto -Irwan yang dipilih hanya sebesar 11,3 persen. Sedangkan suara mengambang dalam simulasi ini sebesar 16,5.

“Jika terjadi Heri Amalindo-Soemarjono melawan kotak kosong, maka pasangan ini dipilih 75 persen, hanya 6 persen yang menyatakan akan memillh kotak kosong. Sedangkan pemilih yang mengambang dalam simulasi ini sebesar 1 persen,” jelasnya

” Dilihat hasil survei Pilkada PALI hari ini, belum ada nama-nama tokoh yang dianggap cukup kuat untuk bersaing ketat melawan petahana Heri Amalindo. Akan tetapi mengingat rentang waktu pelaksanaan Pilkada yang masih cukup panjang (5 bulan ) dan tahapan
pendaftaran Calon belum dimulai, maka semua kandidat masih mempunyai peluang dan kesempatan yang sama dan semua masih kemungkinan masih bisa terjadi,” pungkasnya.

Sementara, Adison, Peneliti LPI memaparkan, tujuan dari hasil survei ini untuk melihat opini publik secara langsung terkait kinerja serta elektabilitas dan popularitas daripada calon kandidat kepala daerah.

“Hasil survei kami lakukan dengan turun kelapangan mulai tanggal 25 Juni sampai 2 Juli 2020, selama tujuh hari berturut-turut menggunakan sistem aplikasi GPS,” tutupnya. (Rlq)