Gubernur Janji Selesaikan Masalah Lahan di Kawasan Labi-Labi

News
Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru

Palembang, LamanQu.id – Puluhan warga kawasan Labi-labi Kecamatan Alang Alang Lebar (AAL) Palembang, yang menamakan diri Persatuan Masyarakat Pejuang Tanah menggelar aksi demo di halaman Kantor Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Jumat (10/7/2020).

Pendemo yand didominasi kaum perempuan ini menyampaikan aspirasinya secara langsung kepada Gubernur Sumsel Herman Deru, terkait sengketa lahan seluas 32 hektar (ha) antara 521 Kepala Keluarga (KK) warga dengan pihak PT Timur Jaya Grup yang mengklaim kepemilikan atas lahan tersebut sejak 2019 lalu.

Perwakilan para pendemo Dedek Chaniago mengatakan, pihaknya mewakili warga meminta kepada Gubernur Sumsel untuk menegakkan keadilan. Pasalnya, ada indikasi lahan warga seluas 32 ha tersebut sudah klaim sepihak oleh oknum perusahaan.

“Aksi yang kami lakukan ini merupakan upaya lanjutan setelah sebelumnya aksi di kantor Walikota Palembang, ATR/BPN Sumsel dan DPRD Sumsel belum mendapatkan hasil. Jika aksi kali tidak mendapatkan hasil, maka massa akan melakukan aksi ke Jakarta,” tegasnya.

Gubernur Sumsel Herman Deru yang menerima langsung para pendemo berjanji, akan menyelesaikan persoalan lahan di kawasan Labi-labi itu secara terhormat melalui dinas terkait di Sumsel dengan cara yang sehat.

“Agar tidak terjadi salah sangka, saya minta BPN bukan hanya sekadar berpatokan dari sertifikat yang dimiliki oleh perorangan atau badan hukum, tapi luas yang sebenarnya. Baik melalui kadastral atau goggle map. Saya minta ini dapat diselesaikan dengan baik,” pungkasnya. (Yanti)