Pelamar Jadi ART dan Baby Sitter Melonjak

Komunitas
Yayasan Mutiara Hati

Palembang, LamanQu.id – Peran Asisten Rumah Tangga (ART) dan baby sitter bagi pasangan yang sama sama bekerja. Yayasan Mutiara Hati, salah satu penyalur ART dan baby sitter yang ada di Palembang, siap membantu menyediakan jasa tersebut meskipun di tengah pandemi COVID-19.

Nurasiah, pemilik Yayasan Mutiara Hati menjamin tenaga ART dan baby sitter melalui yayasan yang ia pimpin tidak terkena COVID-19.

“Jadi mereka semua harus melalui serangkaian tes sesuai protokol kesehatan yang diwajibkan pemerintah seperti Rapid tes sebelum dikirim ke pemesan,” ujarnya saat ditemui, Selasa (23/6/2020).

Dia menuturkan, meskipun di tengah pandemi, pemesanan tenaga ART dan baby sitter terus mengalir ke yayasan yang terletak di Jalan Inspektur Marzuki Lorong Bakti Komplek Griya Permata Pakjo Blok A5 ini. Bahkan pelamar yang datang untuk bekerja di yayasan miliknya justru semakin meningkat.

“Pelamar yang datang kebanyakan bekerja di restoran, kemudian kena PHK, akhirnya melamar ke yayasan sebagai tanaga ART,” ucapnya.

Menurutnya, sebelum ada pandemi pelamar yang datang berkisar 10 orang, setelah pandemi bisa mencapai 30 orang. Namun pihaknya juga membatasi jumlah pekerja. Hal ini terkait dengan pelatihan yang diberikan, dimana hanya tiga orang yang akan dilatih setiap hari.

“Tidak semua pelamar langsung kami terima, jadi kalau tempat pelatihan penuh, kami akan menunda pelamar yang datang. Kami akan melatih pekerja sebelum disalurkan paling lama seminggu. Prinsipnya, kami ingin menyediakan pekerja yang berkualitas, terampil dan terjamin,” tegasnya.

Dia menjelaskan, pengambilan tenaga ART maupun baby sitter berlaku sistem kontrak mulai dari empat bulan, enam bulan, dan setahun. Pemesan akan dikenakan biaya admin tebus sebesar Rp700 ribu untuk empat bulan, Rp1,1 untuk enam bulan, dan Rp2,2 untuk setahun.

“Majikan akan dapat garansi pengganti apabila pekerja tidak cocok. Garansi akan kami berikan sebanyak dua kali (pekerja baru) dan tidak dikenakan lagi biaya, hanya sewaktu ambil pekerja saja,” terangnya.

Saat ini, Yayasan Mutiara Hati hanya menyalurkan pekerja untuk wilayah Sumsel, namun ke depan tidak tertutup kemungkinan hingga ke luar provinsi. Untuk pemesanan bisa datang lansung ke Yayasan Mutiara Hati atau melalui nomor WhatsApp 087795514418. (Yanti)