Monitor Harga Sembako di Pasar Pagi Betung

Ekobis
Polsek betung

 

Banyuasin, LamanQu.id – Guna mengatasi melonjaknya kenaikan harga sembako di wilayah hukum Polsek Betung Polres Banyuasin, Kanit Intel Aiptu M Ahmad dan Kanit Bimas iAiptu Hartono melaksanakan giat monitoring harga bahan pokok di pasar pagi Betung, Minggu (21/06).

Dari hasil wawancara yang dilakukan antara petugas dengan para pedagang baik pedagang daging, sembako serta bahan pokok  lainya, tidak mengalami kenaikan yang sinigfikan. Harga masih stabil walaupun ada kenaikan namun masih relatif wajar.

“Kegiatan ini dilakukan dengan harapan harga sembako diwilayah Kecamatan Betung tetap stabil dan pihaknya akan terus akan melakukan pemantauan, berkaitan Harga Sembako baik dipasar pagi Betung maupun harian di toko-toko di Kecamatan Betung guna antisipasi melonjak tingginya harga sembako,” kata Kanit Intel Polsek Betung Iptu M. Ahmad saat dibincangi LamanQu.id.

Dia menyebut, hendaknya masyarakat dalam menyikapi penyebaran Virus Covid – 19 (Corona) untuk tidak panik dan tetap mengikuti anjuran pemerintah, tetap jaga kebersihan dan rajin cuci tangan, jaga jarak,  serta tidak mengumpul banyak orang.

“Dan tidak kalah pentingnya lagi menuju New Normal, masyarakat diharapkan dalam melakukan aktivitas luar rumah dihimbau mengenakan masker. Patuhilah protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran virus Corona,” tegas dia.

Sementara itu Kapolsek Betung AKP Toto Hernanto, SH menuturkan, kegiatan monitoring yang dilakukan pihaknya di pasar pagi Betung untuk menjaga stabilitas bahan pokok dan panic buying masyarakat.

“Kami memonitor stabilitas bahan kebutuhan pokok masyarakat di pasar dan pertokoan maupun di gudang mengantisipasi adanya kenaikan harga bahan pokok di pasar maupun di pertokoan,” ujar Kapolsek.

Ia juga menuturkan, dikhawatirkan kepanikan akan pandemi virus corona baru, akan memicu terjadinya aksi penimbunan dan aksi borong, sehingga kebutuhan pokok menjadi langka di pasaran. “Mengantisipasi hal tersebut, Polsek Betung melakukan pengawasan di berbagai sentra pasar, pertokoan dan gudang bahan pokok,” jelas dia.

Menurut dia, kalau harga bahan pokok stabil, tidak ada kepanikan masyarakat untuk menimbun atau memborong bahan pokok.

“Kami juga terus mengimbau masyarakat, baik itu penjual maupun pembeli agar jangan panik akan situasi sekarang,” tutupnya. (Adm)