Ternak Lele Inovasi SMP Negeri 40 Menuju Adiwiyata Nasional

Pendidikan

Palembang, LamanQu.id – Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 5 Tahun 2013 tentang pedoman pelaksanaan Program Adiwiyata, Sekolah Adiwiyata diberikan pada sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan.

Program Adiwiyata sendiri merupakan sebuah program dengan tujuan untuk mewujudkan pada tiga prinsip utama, yaitu edukatif, partisipatif, dan berkelanjutan.

Sekolah Adiwiyata juga merupakan gelar bagi sekolah yang dianggap sudah baik dan ideal sebagai tempat untuk mendapatkan ilmu pengetahuan serta norma dan etika bagi siswa-siswinya sehingga dapat menjadi dasar bagi terciptanya kesejahteraan.

Wahyuni Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negri 40 saat ditemui menyampaikan, dalam pelaksanaan Program Adiwiyata dilingkungan sekolah kami sudah mendapatkan gelar Adiwiyata tingkat Kota dan tingkat Provinsi, sekarang kami ingin mendapatkan gelar Adiwiyata tingkat nasional.

Untuk mendapatkan gelar Adiwiyata tingkat nasional
SMP Negri 40 Palembang melakukan Budidaya ikan Lele dilingkungan sekolah dengan memanfaatkan air limbah yang ada, Inovasi ini kami lakukan agar apa yang ada dilingkungan sekolah ini bisa bermanfaat.

“Alasan kami memilih ikan lele untuk dibudidayakan karena ikan lele mampu hidup didalam air limbah, dan bisa berhasil sesuai apa yang kami harapkan, sebelum kami membudidayakan ikan lele kami pernah mencoba ikan gurami tetapi gagal,” ungkapnya.

Kemudian Wahyuni menambahkan, selain lingkungan, SMP Negri 40 juga mengutamakan prestasi siswa baik akademik ataupun ekstra kurikuler.

“Pada tahun ini ada beberapa siswa kami mampu melanjutkan sekolah ke Sekolah unggulan seperti Sekolah Menengah Atas (SMA) Negri 1 Palembang dan SMA Negri 17 Palembang, selain akademik bidang ekstra kurikuler kami juga memiliki siswa berprestasi salah satunya yang ikut ekstra kurikuler Taekwondo, mampu bertanding dan meraih prestasi ditingkat Provinsi ” katanya.(fan)