Kadis Pertanian Banyuasin Akan Tanggung Bibit Akibat Banjir

  • Whatsapp

Banyuasin, LamanQu.id— Menindaklanjuti laporan dari Kades Tebing Abang dan masyarakat setempat, Kadis Pertanian Banyuasin Zainudin SP., M.Si melakukan peninjauan langsung sawah para petani yag berlokasi di Desa Tebing Abang Kecamatan Rantau Bayur Kabupaten Banyuasin.

Kedatangan Kadis Pertanian yang didampingi Kabid Tanaman Pangan Kholtikultura Dinas Pertanian Banyuasin Sodikin SP dan Kasi Pengolahan dan Pemasaran Hasil Tanaman Pangan Didik Suprianto SP, untuk memastikan sawah para petani yang terendam banjir.

Setiba dilokasi Kadis Pertanian Zainudin dan rombongan disambut langsung Kades Tebing Abang Zainal Aripin, Korlap Pertanian Kecamatan Rantau Bayur Sariman SP, Ketua Gapoktan Desa Tebing Abang Subarjo, Kasi Pemerintahan Kecamatan Rantau Bayur Yulihansa, S.Pd dan Ketua Amunisi Banyuasin Efriadi.

Baca Juga :  Sumsel Bakal Cetak 250 Ribu Hektar Sawah Baru

Kadis Pertanian Banyuasin Zainudin disela-sela kegiatannya tersebut mengatakan, bahwa kedatangannya ke Desa Tebing Abang menindaklanjuti atas laporan dari Kades Tebing Abang dan masyarakat terkait demgan persawahan petani yang terendam banjir.

“Setelah kami cek lanjut Zainudin, di Kecamatan Rantau Bayur ini hampir rata-rata kejadiannya sama, tertimpa semacam musibahlah yang kejadiannya luar biasa, yang mana banjir tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya sehingga mengakibatkan kerusakan total bibit padi petani.

Ini sepertinya tutur Zainudin, agak Anomali, kalau tahun sebelumnya dibulan seperti sekarang ini sudah pada tanam tapi kenyataannya sekarang seperti yang kita lihat umur padi ini sudah hampir bunting namun masih berada disemaian.

Baca Juga :  PWNU Sumsel Membesarkan Dakwah Islam di Oku Selatan

“Kiita merasa miris pada petani untuk itu akan kita usulkan bantuan benih bagi para petani,” kata Kadis Pertanian kepada para awak media saat melakukan peninjauan langsung persawahan petani di Desa Tebing Abang pada Jum’ at (05/06) kemarin.

Zainudin menilai bahwa, banjir kali ini lebih parah dan dari yang kita pantau diperkirakan merendam kurang lebih ribuan hektare sawah petani.”Ini akan menjadi perhatian yang serius dari Dinas Pertanian,” ungkap dia.

Sementara itu, Ketua Amunisi Banyuasin Efriadi menjelaskan,  setelah terjadi banjir yang mengakibatkan persawahan di genangi air, lalu warga melaporkannya kepada Dinas Pertanian.

Baca Juga :  Selamatkan Aset Sumsel, Gubernur- Kajati Teken Nota Kesepakatan Bersama

“Dan Alhamdulilah, Dinas Pertanian dengan cepat dan tanggap datang langsung meninjau persawahan warga yang rusak akibat banjir dan akan mengusulkannya untuk mendapatkan bantuan benih,’ungkap Efriadi. (Amri)