Habis BLT DD Terbitlah BLT APBD di Desa Meranti

  • Whatsapp

Banyuasin, lamanqu.id – Pemerintah Desa (Pemdes) Meranti Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin, beberapa hari yang lalu telah membagikan Bantuan  Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahap pertama tahun 2020 kepada warga yang terdampak Covid-19.

Kini Pemdes Meranti pada Jum’at (29/05) kemarin kembali membagikan bantuan BLT yang bersumber dari APBD Kabupatem Banyuasin. BLT tersebut langsung dibagikan secara door to door oleh Pemdes Meranti yang disaksikan langsung Camat Suak Tapeh Sashadiman Ralibi, S.Ag., M.Si bersama dengan  Babinsa, Bhabinkantibmas Polsek Betung – Suak Tapeh, KNPI Suak Tapeh, Ketua RT, dan Kepala Dusun.

“Alhamdulillah beberapa hari yang lalu, kami telah membagikan BLT DD tahap pertama kepada 168 KK. Kali ini kami kembali membagikan bantuan BLT yang bersumber dari APBD Kabupaten Banyuasin yang di bagikan kepada 163 KK, semoga bermanfaat buat masyarakat,” kata Kades Meranti Imam Santoso melalui Sekdes Meranti Tugiman, Sabtu (30/05).

“Sesuai keputusan Musyawarah Desa, kriteria masyarakat yang memdapatkan BLT  DD dan bantuan BLT yang bersumber dari APBD Kabupaten Banyuasin yakni masyarakat miskin  yang betul-betul terdampak Covid-19, warga lansia serta yang memiliki riwayat penyakit bertahun-tahun,” lanjut Tugiman.

Baca Juga :  Yuk Lihat, Intervensi Karang Taruna Palembang Soal Sampah

Menurut Tugiman, masyarakat yang terdampak Covid-19 disini ialah mereka yang memiliki pekerjaan, tapi karena adanya Pandemi  virus corona ini, pekerjaannya menjadi kandas, dan untuk membiayai hidup keluarganya sangat sulit.

Ia juga mengungkapkan bahwa, BLT Dana Desa Meranti sebanyak 168 KK dan bantuan BLT dari APBD Kabupaten Banyuasin 163 KK .“Saya berpesan kepada masyarakat, jika ada keluarganya atau tetangganya yang tidak mendapatkan bantuan  padahal dia layak mendapatkannya, laporkan kepada kami,” tegas Tugiman.

Tugiman berujar bahwa Dampak dari pandemi penyebaran corona virus Desease 2019 ( Covid-19) dalam perekomian masyarakat sangatlah terasa sehingga Pemerintah Pusat meluncurkan berbagai bentuk bantuan sosial bagi masyarakat miskin baru (misbar)

Dirinya juga menjelaskan, pendistribusian BLT DD dan bantuan BLT dari APBD Kabupaten Banyuasin  ini agar tepat sasaran, Pemerintah Desa Meranti sebelumnya telah menggelar Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) untuk menetapkan masyarakat calon penerima.

Baca Juga :  Bupati Muba Dodi Reza Lantik Kepengurusan IKKA Periode 2020-2025

Menurutnya, calon penerima BLT DD dan bantuan BLT  dari APBD sebelumnya diperoleh dari hasil pendataan para Relawan Penanganan Covid- 19 Desa Meranti melalui RT dan Kadus.“Terimakasih banyak kepada para petugas yang melakukan pendataan dilapangan, meski tantangannya berat dan mungkin mendapatkan banyak pertanyaan dari masyarakat”,tutur dia.

Sementara  Camat Suak Tapeh Sashadiman Ralibi, S.Ag., M.Si, memberikan apresiasi yang besar bagi Kades Meranti dan BPD bersama jajaran yang terus bersinergi dalam upaya pencegahan Covid-19 serta terus berupaya memperhatikan dan peduli terhadap masyarakat dalam situasi pandemi corona virus.

“Bantuan BLT yang dana nya bersumber dari APBD ini sebagai bentuk upaya Pemerintah Kabupaten Banyuasin untuk membantu masyarakat di tingkat desa yang terdampak Covid-19. Bantuan yang diberikan bertujuan untuk meringankan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari di tengah pandemi Covid-19,” ujar dia.

Tambah Camat Sashadiman, sesuai petunjuk teknis penerima BLT DD dan bantuan BLT dari APBD adalah warga kurang mampu yang merupakan warga non penerima Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan warga yang kehilangan mata pencaharian akibat wabah Covid-19.

Baca Juga :  PDIP Sumsel Targetkan Pemenang Utama

“Ini merupakan bukti dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah sebagai bukti kepedulian pemerintah terhadap masyarakat. Melaui BLT ini sebagai upaya kita dalam membantu masyarakat khususnya dari segi ekonomi akibat pandemi Covid-19,”imbuh dia.

Camat Sashadiman mengatakan besaran BLT DD dan bantuan BLT dari APBD Kabupaten Banyuasin yang diserahkan kepada setiap kepala keluarga (KK) sebesar Rp.600.000, 00 per bulan dalam jangka waktu tiga bulan, yakni April, Mei dan Juni.dengan adanya BLT DD dan bantuan BLT dari APBD ini dapat membantu warga masyarakat dalam suasana pandemi Covid-19.

“Dengan adanya BLT DD dan bantuan BLT yang bersumber dari APBD Kabupaten Banyuasin ini, mudah-mudahan bisa meringankan beban masyarakat. Uang ini agar digunakan untuk kebutuhan yang bermanfaat, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti membeli sembako untuk keluarga,”pesan Sashadiman. (Indera)