Fraksi PKB Berharap Segera Berlaku PSBB

News

Palembang, lamanqu.id – Di tengah mewabahnya covid – 19 Harya Prathysta.E.P, SH, MH selaku anggota DPRD Kota Palembang dari Fraksi PKB angkat bicara, Senin(18/5/2020).

Menanggapi hal ini Harya Prathysta dari Fraksi PKB saat ditemui diruang kerjanya mengungkapkan, Pemerintah kota Palembang sesegera mungkin melakukan PSBB.

“Kalau memungkinkan itu harus banyak kita lihat, dari segi Ekonomi pemkot, persiapan Pemkot, dinas kesehatan dan semua aspeklah,” ujarnya.

Ketika ditanya terkait, bantuan, dia menuturkan, untuk Dinsos bagaimana menyalurkan bantuan bantuan ke warga masyarakat yang membutuhkan. “Dari beberapa hari yang lalu, kita mendengar banyaknya laporan bahwa bantuan itu ada yang tumburan. Seharusnya tidak boleh, bagi yang sudah mendapatkan bantuan PKH harusnya tidak lagi menerima bantuan, jadi tidak akan terjadi dapat double dilapangan,” bebernya.

“Kalau memang pemkot memadai dari seluruh asfek maka dari itu kami dari Fraksi PKB menyarankan sesegera mungkin untuk dilakukan PSBB,” paparnya.

Apalagi, menurutnya, dengan keadaan sekarang ini, sudah semakin banyak warga masyarakat sumsel, palembang khususnya, bertambah terus yang terjangkit positif terjangki covid 19.

Terkait dengan maraknya istilah Misbar, dia mengungkapkan, ini sudah lama yang dipakai oleh dinas sosial. Padahal dinas sosial meminta data baru dengan RT/RW setempat, pada saat RT sudah memberikan data, tetapi pihak dinsos tetap memakai data lama.

“ Banyaknya laporan sudah kami terima khususnya di dapil kami, dari beberapa yang diberikan bantuan, yang sampai hanya satu atau dua saja. Ternyata tadi, lurah minta data baru pada saat diserahkan didinsos, dinsos tetap memakai data lama. Kami juga sudah pernah koordinasi dengan salah satu pihak kecamatan yang ada di kota Palembang, camat dan lurah hanya mengumpulkan data tetapi seluruhnya tetap dari dinsos. Ternyata data dari dinsos diserahkan langsung ke kemensos pusat, seperti yang menerima kartu PKH,” jelas Harya.

Harya menegaskan, dari Fraksi PKB jika memungkinkan kalau pemerintah kota sudah siap aspek yang harus siap dipenuhi.

“Kami Fraksi PKB berkeinginan sesegera dilakukan PSBB, untuk mengurangi angka positif sehingga tidak lagi bertambah, kemarin saja sudah menambah 63 kita belum tau untuk hari ini. Kalau memang pemerintah sudah siap disegala aspeknya, ya pemerintah harus tegas ,” terangnya.

Ketika ditanya terkait masih banyaknya Mall buka dikota Palembang, Harya mengatakan, ini secara pribadi sangat tidak masuk akal. Karena Mall itu suhu ruangannya dingin,sedangkan virus covid – 19 ini sendiri lebih mudah menularkan disuhu yang dingin. Untuk diatas suhu 20 derajat virus itu mati, sedangkan didalam mall sendiri suhunya dingin, sehingga untuk berkembangnya virus itu sangat cepat sekali.

“ Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat kota palembang khususnya, untuk senantiasa menjaga keluarga dari pada penyebaran covid ini, sayangi keluarga dan ikuti anjuran pemerintah. Juka pemerintah melakukan PSBB kita patuhi,”pungkasnya. (Yanti)