Tips Cegah Mata Lelah Akibat Bekerja di Depan Komputer

Kesehatan

Palembang, lamanqu.id – Pekerja kantoran sering kali dituntut untuk bekerja di depan layar komputer atau gadget dalam waktu yang lama. Hal ini dapat menyebabkan kesehatan mata terganggu, antara lain karena mata lelah.

Masalah yang muncul pada mata akibat penggunaan komputer atau gadget dikenal dengan istilah computer vision syndrome (CVS). Kondisi ini merujuk pada serangkaian gejala mata lelah yang terjadi akibat kebiasaan menatap layar komputer dalam waktu lama.

Macam-Macam Gejala Mata Lelah
Otot mata akan bekerja lebih keras saat Anda menatap layar komputer. Hal ini karena adanya perubahan fokus terus-menerus seiring banyaknya gambar, tulisan, atau gerakan pada layar. Seseorang yang menatap layar komputer juga cenderung berkedip lebih sedikit daripada biasanya, sehingga mata menjadi lebih mudah kering.

Cahaya dari monitor, warna teks yang kontras dengan warna latar belakang komputer, serta banyaknya kedip dari layar komputer akan menambah beban pada mata. Hal inilah yang menyebabkan mata menjadi lebih cepat lelah

Ketika mengalami mata lelah, Anda akan merasakan gejala awal berupa mata merah dan penglihatan buram atau berbayang. Di samping itu, Anda juga bisa merasakan gejala lain yang meliputi:

– Penglihatan ganda dan mata lebih sensitif terhadap cahaya terang
– Mata kering, seperti terasa ada yang mengganjal atau terbakar
– Pusing dan merasa tidak nyaman di daerah leher atau punggung
– Mata cenderung untuk sulit fokus saat melihat dari satu benda ke benda lain

Cara Mencegah Mata Lelah
Untuk mencegah terjadinya CVS, Anda dapat menerapkan beberapa kebiasaan yang baik untuk melindungi mata. Kebiasaan tersebut antara lain:

– Beri jarak sekitar 60–65 cm atau seukurang panjang lengan antara layar komputer dengan muka.
– Usahakan pusat layar membentuk sudut sekitar 10–15⁰ di bawah mata dengan menyesuaikan meja kerja.
– Pahami aturan 20-20-20, yaitu setiap 20 menit lihat objek sejauh 20 kaki (6 meter) selama 20 detik.
– Berhenti melihat layar komputer selama 15 menit apabila telah menatap layar selama 2 jam.
– Usahakan untuk lebih sering berkedip dan gunakan tetes mata yang mengandung air mata buatan jika mata terasa kering.
– Jangan melihat layar komputer di ruangan yang gelap karena sinar komputer yang muncul dapat menjadi lebih terang.
– Lakukan pemeriksaan mata secara rutin minimal 1 tahun sekali jika sering menatap layar computer berjam-jam dalam sehari.
– Jika Anda menggunakan lensa kontak, cobalah untuk menggantinya dengan kacamata sesekali. Penggunaan lensa kontak dapat menjadi faktor risiko yang menambah kering mata.

Anda juga dapat mencegah mata lelah dengan mengubah pengaturan pada komputer atau gadget. Caranya adalah sebagai berikut:

– Mengatur ukuran teks menjadi lebih besar
– Menyeimbangkan cahaya gadget dengan cahaya di sekitarnya
– Meningkatkan kontras pada layar gadget.
– Menurunkan temperatur warna pada layar gadget
– Mengurangi intensitas cahaya gadget dengan menggunakan screen filter

Terapkan kebiasaan di atas dengan maksimal agar kesehatan mata Anda dapat tetap terjaga walau harus menatap layer komputer atau gadget dalam waktu lama. Konsultasikan dengan dokter mata jika keluhan mata lelah yang Anda alami tidak membaik setelah beristirahat atau terjadi secara berulang. (Rlq)