Manfaat Sahur Bagi yang Berpuasa

  • Whatsapp

Palembang, lamanqu.id – Sebelum memulai aktivitas puasa, setiap harinya kamu pasti dianjurkan untuk melakukan sahur terlebih dahulu tepat sebelum waktu subuh.

Ternyata, makanan yang kita makan saat sahur di bulan Ramadan merupakan sumber berkah. Selain itu para dokter pun telah mengonfirmasi kalau sahur lebih penting daripada makan saat berbuka puasa, karena sahur membantu semua orang untuk menjalankan puasa dengan lancar.

Saat sahur, usahakan minum banyak air putih, makan makanan yang kaya akan cairan untuk memastikan kamu tetap terhidrasi dengan baik, serta makan makanan yang punya kandungan serat tinggi. Ini dilakukan demi membuat kamu merasa lebih kenyang dan dapat membantu pencernaan agar tidak sembelit.

Sebenarnya masih banyak manfaat sahur lain yang jarang orang tahu. Mau tahu apa-apa saja manfaat sahur sebelum menjalankan puasa? Keep Scroll, Guys!.

1. Berkah secara spiritual maupun fisik

Seorang ahli gizi asal Dubai bernama Rashi Chowdhary menjelaskan kalau bangun untuk sahur benar-benar merupakan berkah. Bahkan, Chowdhary mengungkapkan kalau berkah yang diberikan oleh sahur bukan hanya secara spiritual, melainkan juga secara fisik, demikian dilaporkan oleh Gulfnews.

Sahur akan langsung merangsang pencernaan di pagi hari, menjaga kadar gula supaya stabil, dan menunda rasa lapar sepanjang hari. Alangkah lebih baiknya lagi apabila kamu makan makanan sehat yang menawarkan nutrisi penting untuk menghindari kelesuan sepanjang hari.

Baca Juga :  STIK Abdurahman Buka Prodi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan

2. Menjadi lebih terbiasa menjalani puasa

Di awal bulan Ramadan, tubuh mu pasti terkejut ketika dibawa berpuasa. Ketika kamu melakukan sahur secara rutin, tubuh mulai mendetoksifikasi dirinya sendiri. Hal ini disebabkan karena kamu beralih dari yang biasanya makan tiga hingga empat kali dalam sehari menjadi hanya makan satu kali, itupun saat sebelum subuh.

Maka dari itu kamu harus bangun untuk sahur. Niscaya kamu akan lebih disiplin dalam puasa dan jadi punya bekal makanan di dalam perut untuk bertahan hingga waktu berbuka telah tiba.

Dengan sahur, di dalam tubuhmu jadi tersimpan lemak sebagai penahan rasa lapar yang berlebihan. Percaya deh, kamu bakal jadi lebih terbiasa dalam menjalani puasa!

3. Mencegah kehilangan otot

Chowdhary juga menyampaikan kalau Itu sahur membuat tingkat metabolisme terjaga dan mencegah hilangnya massa otot selama satu bulan penuh. Tapi ada syaratnya, yaitu makanan saat sahur harus mengandung protein yang cukup. Contoh paling gampangnya adalah dengan memakan telur atau daging saat sahur.

4. Mencegah bau mulut

Bau mulut sangat identik dengan orang yang sedang berpuasa. Namun hal ini wajar mengingat kamu tidak boleh minum atau sekadar makan permen selama belum waktunya berbuka. Untungnya, sahur bisa mencegah bau mulut biar kamu tetap percaya diri ketika bertemu dengan seseorang.

Baca Juga :  Manfaat Madu Untuk Kesehatan

Iya juga sih. Tapi setidaknya kamu tidak bau mulut ketika bertemu dengan keluarga yang ada di rumah. Caranya pun mudah, cukup minum air perasan lemon saja saat sahur.

Selain mencegah bau mulut, pasokan antioksidan di dalam tubuh kamu juga akan terisi. Tapi tetap jangan lupakan air putih ya.

5. Menjaga konsentrasi

Bagi sebagian orang, berpuasa bisa membuat tubuh menjadi lemas sepanjang hari. Oleh karena itu, Dr Jane Darakjian selaku ahli gizi menekankan kamu harus makan saat sahur supaya memiliki energi cadangan yang cukup untuk dikonsumsi dan digunakan sampai berbuka puasa.

Kalau sampai tidak sahur, siap-siap berbagai masalah kesehatan akan menghampirimu. Biasanya sih orang akan kesulitan berkonsentrasi kalau menjalani puasa tanpa sahur.

Padahal ketika puasa pun, kamu masih harus tetap bekerja atau mengerjakan tugas yang membutuhkan tingkat konsentrasi tinggi. Praktis, sahur adalah sebuah kewajiban meskipun hukumnya sunnah.

Tidak hanya konsentrasi yang terganggu, melansir Islamweb, kelelahan dan sakit kepala juga akan sering muncul di siang hari kalau kamu tidak sahur. Sudah tidak konsentrasi, kepala pusing pula. Jadi, jangan malas untuk bangun saat sahur.

6. Menghidrasi tubuh

Dikutip dari Nutrition, pergunakan sahur sebaik mungkin dengan minum banyak cairan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengonsumsi makanan yang kaya cairan, seperti buah, sayuran, yogurt, sup, dan semur. Ini penting loh untuk mengganti cairan yang hilang di siang hari dan untuk memulai puasa berikutnya dengan kondisi tubuh tetap terhidrasi.

Baca Juga :  Anggaran Kesehatan Penangganan Covid 19 Bertahap

Berhubung garam merangsang rasa haus, akan lebih baik apabila kamu menghindari makanan asin saat sahur. Jangan sampai kamu merasa haus dan ingin minum air saat sedang puasa.

7. Berikut makanan yang cocok dikonsumsi saat sahur

Sekarang sudah tahu kan betapa krusialnya manfaat sahur saat menjalani puasa? Namun, ketika sahur pun kamu harus tetap memperhatikannya.

Usahakan agar makanan yang kamu konsumsi di saat sebelum subuh mengandung nutrisi yang baik dan tentunya sehat. Untuk itu, berikut beberapa makanan yang bagus untuk kamu makan saat sahur:

– Air putih;
– Oat;
– Sereal dan susu (kaya akan kalsium, iodine, hingga vitamin B);
– Nasi (tidak perlu yang asin karena malah bikin haus saat puasa);
– Yogurt (kaya akan protein, kalsium, iodine, dan vitamin b);
– Roti;
– Buah-buahan;
– Sayur;
– Kurma (juga bagus untuk dikonsumsi saat sahur, tidak hanya saat berbuka saja).

Itulah beberapa manfaat sahur yang perlu kamu ketahui. Yakin masih mau males-malesan buat bangun sahur?

banner covid-19, promosi pemkot, banner pemkot sumsel
waspada kebakaran, larangan membakar hutan, kebakaran hutan, banner karhutbunlah,

Pos terkait