Mereka (Rakyat) Dirumah, Mereka Makan Apa?

News

* Cak Amir tak Pernah Bosan Imbau Masyarakat Terkait Corona

Palembang, lamanqu.id – Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Provinsi Sumatera Selatan (PWNU) Sumsel, KH. Amiruddin Nahrawi tak henti memberikan himbauan kepada masyarakat Sumsel Khususnya dari kalangan Nahdiyin agar selalu bersabar, dan menjaga diri serta menerapkan prilaku hidup sehat dalam menghadapi dan mengantisipasi penyebaran Covid 19 ini.

Ketika diwawancarai oleh Awak media Kamis, (09/04/20) Bertempat di kantor PWNU Sumsel lorong Hanan Sekip Palembang.

KH. Amiruddin Nahrawi atau akrab disapa Cak Amir mengatakan, bahwa saat ini masyarakat sangat membutuhkan bantuan dari berbagai pihak agar dapat mentaati dan menjalankan himbauan dari pemerintah.

Menurutnya, masyarakat saat ini sangat butuh Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker akan tetapi lebih juga membutuhkan pangan seperti misalnya sembako untuk dikonsumsi sehari-sehari.

Selain masker yang dibutuhkan masyarakat, pangan berupa beras dan sembilan bahan pokok juga di butuhkan untuk dikonsumsi karena bagi mereka yang terdampak langsung oleh Wabah Virus Corona yang mendunia ini, secara otomatis masyarakat kita juga mengalami kesulitan ekonomi akibat virus Covid 19 ini.

Seperti misalnya, para pekerja sektor informal yang mata pencarian dan pendapatannya tergantung pada kegiatan masyarakat sehari hari.

Yang saat ini berpengaruh pada dampak virus corona, masyarakat juga sangat membutuhkan bahan pangan khususnya beras, apa lagi jika mereka disuruh untuk tidak keluar rumah dan tidak bekerja.

Untuk memberikan bantuan APD berupa masker dan jika ingin melakukan penyemprotan disinfektan hendaknya dilakukan didaerah-daerah padat penduduk sehingga dinilai lebih tepat sasaran dan sangat bermanfaat bagi masyarakat banyak. Tegasnya

Cak Amir mengatakan “Nabi Muhammad SAW berkata, penyakit apa pun itu tentu ada obatnya.

Jika melihat orang terkena penyakit kusta, corona dan lain-lain seakan-akan melihat macan dan berlari, sehingga diperlukan peran pemerintah yang sangat bijaksana untuk menanggulanginya.

“Baik pemerintah ataupun BUMN, Swasta dan forum CSR hendaknya memberikan bantuan yang sangat bermanfaat kepada masyarakat yang membutuhkan seperti memberikan bantuannya berupa beras, minyak, terigu dan bahan sembako lainnya,” tegasnya.

Harus ada kebijakan yang terbaik dari pemerintah daerah Sumsel serta bijaksana dalam memberikan bantuan kepada rakyatnya sehingga masyarakat memang betul-betul merasakan manfaat langsung dari bantuan itu.

Yang nantinya kita bisa menarik suatu kebaikan dari hal tersebut. Seperti misalnya, mendulang suatu kerusakan dan mendahulukan suatu kebaikan.

Cak Amir menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya warga Nahdiyin, pengurus-pengurus cabang NU diseluruh Sumatera Selatan, serta seluruh lembaga-lembaga yang ada didalamnya ayo deh kita tingkatkan kepedulian dengan membantu masyarakat dengan bentuk nyata dan membantu apa yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat

Ketua Lembaga Perekonomian PWNU Sumsel (LPNU), J. Riantoni juga menambahkan selaku Ketua LPNU Sumsel melihat ini dari sisi dampak sosial ekonomi yang terjadi akibat Covid 19 adalah banyaknya pengangguran, PHK, pekerja sektor informal kesulitan mencari uang, maka dari pada itu LPNU Sumsel kedepannya akan mengajak para pelaku usaha untuk bekerja sama dan bahu membahu dengan pemerintah serta forum CSR yang ada di Provinsi Sumatera Selatan.

Sehingga beban masyarakat Sumsel dapat diringankan serta dengan sendirinya akan dapat mengatasi persoalan ekonominya sendiri.

“Kemudian Dirinya juga mengajak untuk bersama sama berdoa agar Penyebaran Wabah Virus Covid 19 ini segera berlalu dan dapat diatasi,” jelasnya. (Rlq)