Daftar Kartu Pra Kerja Masih Dibuka

News

Palembang, lamanqu.id – Pendaftaran program Kartu Pra Kerja masih dibuka hingga kuota terpenuhi. Pendaftaran dapat dilakukan secara online dengan mengirimkan biodata ke email prakerjasumsel@gmail.com.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Palembang Yanuarpan mengatakan, program Kartu Pra Kerja merupakan program Presiden Joko Widodo untuk tenaga muda. Namun, karena ada wabah virua corona maka karyawan yang di PHK, UMKM yang usahanya terdampak bisa mendaftarkan diri di program Kartu Pra Kerja.

“Pendaftarannya secara online, melalui email Dinasker provinsi yakni prakerjasumsel@gmail.com. Selain itu, juga bisa mendaftar ke RT, Lurah dan Camat. Nanti muaranya ke Disnaker Provinsi, ” ujarnya saat diwawancarai via telepon, Senin (6/4/2020).

Dia berkata, dari Disnaker Provinsi, maka datanya akan dikirim ke Kementrian Tenaga Kerja. Nanti, setelah diverifikasi Kementrian Tenaga Kerja, yang lulus verifikasi akan dihubungi via email.

“Misal orang yang kerja di hotel, ketika di PHK, dan dia ikut program Kartu Pra Kerja maka dia bisa ikut pelatihan. Sehingga, walaupun dia dirumah bisa meningkatkan kemampuannya. Bisa menambah ilmu, jadi tambah pintar dan dapat sertifikat, ” tambahnya.

Yanuarpan menjelaskan, yang diterima dalam program Kartu Pra Kerja akan menerima bantuan pelatihan online Rp 1.000.000, insentif Rp 600.000 perbulan selama 4 bulan, dan survei Rp 150.000 untuk 3 kali survei.

“Untuk kuota pendaftaran program Kartu Pra Kerja di Sumsel berjumlah 83.159 orang. Pendaftaran tahap pertama sampai tanggal 3 April. Dan sekarang dibuka pendaftaran tahap kedua, selama kuota belum terpenuhi pendaftaran masih dibuka, ” tegasnya.

Kepala Bidang Hubungan Industrial Fahmi Hatta  menuturkan, program kartu pra kerja adalah program Presiden. Implementasinya di Kementrian Tenaga Kerja.

“Program ini sebenarnya untuk calon pencari kerja, mereka yang belum bekerja, dan pencari kerja yang belum ada skil. Terkait dampak covid 19, maka juga dikaitkan dengan karyawan yang di PHK,” bebernya

“Kartu Pra Kerja, diimplementasikan sampai tingkat bawah. Tanggal 3 April 2020 sudah kita tindaklanjuti ke seluruh Camat di Palembang. Kemudian Camat mensosialisasikan ke Lurah dan RT,” katanya.

Dia mengungkapkan, sampai tanggal 5 April 2020, data terus masuk. “Kemarin yang mendaftar 1622 orang. Hari ini 1.602 orang dari 400 perusahaan besar, mikro, hotel, restoran, jasa ojek, buruh bangunan dan usaha lainnya, ” tandasnya.

“Batas penutupan pendaftaran belum ada. Termasuk batasan umur juga tidak ada, jadi masyarakat yang terdampak akibat dari covid 19, bisa mendaftar secara online, ” pungkasnya. (Yanti)