Dua Jemaah Umroh Negatif Virus Corona

Kesehatan

Palembang, lamanqu.id – Dua jemaah umroh asal Sumsel yang sempat diduga terpapar Mers -cov dan atau virus Corona(Covid -19) akhirnya dinyatakan negatif.

Kepala Bagian Humas RSMH Palembang, Ahmad Suhaimi, membenarkan jika uji laboratorium atas kedua pasien yang diisolasi menunjukkan hasil negatif dari Mers-Cov dan Virus Corona.

“Pasien M (64 tahun) asal Prabumulih, rujukan dari KKP Palembang dan F (76 tahun) rujukan RS Hermina Palembang . Hasil laboratorium keduanya dinyatakan negatif Virus Corona,” ujarnya.

Dia menuturkan, hasil ini kemudian akan ditindaklanjuti oleh tim penyakit infeksi emerging (PIE) untuk kemudian memutuskan apakah nantinya kedua pasien itu akan menjalani perawatan lanjutan atau dipersilahkan pulang.
“Keduanya kondisinya sudah membaik. Tapi keputusan nantinya akan diambil oleh tim PIE,” ucapnya.

” Melihat hasil yang kami terima melalui Public Health Emergency Operation Center (PHEOC) Kemenkes RI Jakarta pada tanggal 8 Maret 2020, finalnya kedua orang tersebut di atas dinyatakan negatif Mers-Cov dan Covid-19,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel Dra Lesty Nurainy.

Sebelumnya kata Lesty, dua pasien yang masuk dalam pengawasan corona virus disease (covid-2019) dilakukan dua kali pemeriksaan specimen. Kini setelah didapat hasil finalnya, penanganan kedua pasien itu kata Lesty diserahkan dan akan ditindaklanjuti pihak RSMH sesuai prosedur yang berlaku.

” Segera kita kirim hasil ini ke RSMH Cq Tim Penyakit Infeksi Emerging (PIE) untuk ditindaklanjuti,” kata Lesty.

Sebelumnya secara beruntun dua jemaah umroh yang baru pulang beribadah ke Tanah Suci awal Maret menjalani perawatan di ruang isolasi Rumah Sakit Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang Sumatera Selatan (Sumsel) karena diduga terjangkit Virus Corona. (Yanti)