OKU Selatan Pamer Wisata di Hari Jadi TMII…

News

* Presiden dan para Menteri kenakan busana adat OKU Selatan

Muaradua, lamanqu.id – Memeringati Hari Ulang Tahun (HUT) Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ke-45, Pemerintah Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan mengelar rapat persiapan dipimpin langsung Plh. Sekretaris Daerah (Sekda) OKU Selatan Joni Rafles di ruang rapat Sekda OKU Selatan,  Selasa (4/3/2020).

Plh. Sekretaris Daerah dalam arahannya menyampaikan kepada seluruh OPD, agar bisa berpartisipasi dalam keikutsertaan Pemerintah OKU Selatan pada HUT TMII ke-45 nanti. Sehingga dapat saling berkoordinasi dan menyiapkan apa-apa yang menjadi tupoksi masing-masing.

Ia juga berharap, kepada seluruh Kepala OPD untuk semaksimal mungkin menyiapkan kesiapanya, sebagai bentuk dukungan dan ikut menyukseskan HUT TMII. Karena mengingat Provinsi Sumatera Selatan sebagai tuan rumah.

“Sementara itu, Kabupaten OKU Selatan sendiri tidak hanya sebagai memenuhi kewajiban, namun keikutsertaan ini sebagai ajang promosi kebudayaan, pariwisata, kerajinan, hasil alam, dan potensi-potensi lain yang bisa menarik wisatawan untuk berkunjung ke OKU Selatan, adapun yang akan menghadiri kegiatan ini berasal dari seluruh penjuru Nusantara,” ungkapnya.

Selanjutnya, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten OKU Selatan Darmawan, S.Sos. menambahkan, terkait persiapan yang akan ditampilkan pada HUT TMII, yang rencananya akan digelar di Jakarta pada tanggal 17 sampai dengan 20 April 2020 mendatang.

Kabupaten OKU Selatan sendiri, akan memperkenalkan produk kopi dan gula semut dari 7 UMKM yang telah memenuhi standar. Selain itu produk kopi OKU Selatan juga akan berdampingan dengan peroduk kopi Pagar Alam, Muara Enim dan Empat Lawang.

Tidak hanya itu, OKU Selatan juga mendapat tugas menyiapkan selendang kawai kanduk untuk Presiden, Menteri dan Tamu Vip lainnya. Menampilkan Pakaian Adat, dan Menampilkan Miniatur Rumah Adat OKU Selatan.

“Kemudian OKU Selatan juga, akan mengikut sertakan Pagelaran Seni dan Parade Budaya. Adapun Parade Budaya yang akan ditampilkan yaitu sanggar seni dari Kecamatan Banding agung, Warkuk Ranau Selatan dan Buay Pematang Ribu Ranau Tengah. Sedangkan untuk Pagelaran Seni di kombinasi dari beberapa sangar seni di Kabupaten OKU Selatan dengan menampilkan konsep yang menarik Penonton,” ujarnya. (TISNA)