Motivasi dari JES Jelang ke PTN

News

Tanjung Enim, lamanqu.id – Kegiatan Career Day dan Job Experience Sharing (JES) merupakan salah satu program SMA Bukit Asam (SMABA) guna memotivasi peserta didiknya jelang kelulusan. Siswa kelas XII mendapatkan motivasi JES jelang memasuki Perguruan Tinggi Negeri.

Sedangkan siswa kelas XI melalui Career Day memotivasi siswa mendekatkan dengan cita-citanya.

Pembukaan dua kegiatan ini dilaksanakan di Aula SMABA, Rabu (29/1) oleh pengurus Bukit Asam Foundation (BAF), dihadiri narasumber dari UGM, Unsri, Polsri, IPB, dan Unila.

Selanjutnya, pihak sekolah mengundang juga para alumni yang sudah berhasil menduduki berbagai jabatan profesi, seperti polisi, TNI, dokter, pegawai bank, pegawai tambang.

Kepala SMA Bukit Asam Tenny Dahyani SPd mengatakan, Career Day And Job Experience Sharing ini merupakan program tahunan sekolah. Dalam rangka memberikan motivasi, dan wawasan kepada siswa dan orang tua mengenai PTN secara langsung. Menurut dia, akan meningkatkan jumlah lulusan diterima masuk ke PTN tahun ini.

“Tahun 2019 siswa SMA Bukit Asam yang diterima di PTN mencapai 163 orang atau 81 persen. Nah, tahun ini harapan kami semua lulusan bisa masuk di perguruan tinggu negeri. Melalui kegiatan ini salah satunya dan khusunya di lima perguruan negeri,UGM, UNSRI, UNILA, IPB, dan Polinema,” ungkap Tenny.

Dia berharap di 2020 ini sebanyak 204 siswa kelas XII bisa masuk PTN sesuai dengan minat dan kemampuannya. Selanjutnya, selain sekolah yang berusaha dan bekerja keras membimbing anak murid.

Kata Tenny, peran orang tua di rumah dalam memberikan motivasi, dan semangat giat belajar sangat menentukan hasil kedepannya.

“Suksesnya tujuan kegiatan ini adalah adanya dukungan orang tua,” ungkapnya.

Sementara, Wakil Ketua I Bukit Asam Foundation (BAF), FX Sigit Heri Basuki, selaku pembina SMA Bukit Asam memyambut baik program Career Day And Job Experience Sharing untuk meningkatkan motivasi anak dalam mempersiapkan diri melangkah masuk perguruan tinggi.

“Kegiatan ini adalah waktu yang tepat untuk menggali informasi, sebelum masuk di PTN. Saya berharap, tahun ini siswa SMABA semuanya bisa masuk di perguruan tinggi negeri idamannya,” kata Sigit. (AMK)