PT BA Ajak Masyarakat Budaya Tertib Berlalulintas

News

Tanjung Enim, lamanqu.id – Ratusan pelajar di Kecamatan Lawang Kidul mengikuti penyuluhan tertib berlalu lintas khususnya bagi siswa SMP dan SMA sederajat yang ada di wilayah Tanjung Enim. Acara yang digelar PT Bukit Asam (PTBA) itu berlangsung di Gedung Serbaguna Lantai 4 KBL Tanjung Enim, Kamis 23 Januari 2020.

Manajer Humas, H Efensi Arusin ST, membuka acara mewakili manajemen perusahaan. Dalam sambutannya meminta para pelajar berperilaku tertib berlalu lintas saat berkendara di jalan raya. Lanjut Efensi, acara penyuluhan ini digelar dalam rangka memperingati bulan Kesehatan, dan Keselamatan, Kerja (K3) Yang digelar PT Bukit Asam.

“Tujuan diadakan penyuluhan ini adalah untuk mengajak masyarakat tertib berlalu lintas, khususnya bagi anak-anak pelajar di Kecamatan Lawang Kidul,” ungkap Efensi.

Selanjutnya, perusahaan dalam kegiatan ini ingin membantu pemerintah, dan kepolisian khususnya Polres Muara Enim untuk mengurangi angka kecelakaaan di jalan melalui upaya pencegahan sejak dini.

“Karena sebagian kecelakaan lalu lintas yang terjadi selama ini dari anak-anak,” ujar Efensi.

Polres Muara Enim melalui Satuan Lalu lintas (Satlantas) menjadi narasumber dalam acara tersebut. IPTU Aming Iriana menjelaskan tata cara dan tertib berlalulintas kepada peserta dalam kegiatan tersebut. Dikatakan, setiap warga berkendara bermotor wajib memenuhi syarat umur, minimal usia 17 tahun dan sudah memiliki SIM C.

Dijelaskan Aming, kendaraan untuk dijalan raya juga harus memenuhi syarat dari pabrikan, dan tidak dimodifikasi mengubah aslinya. Kemudian selama berkendara dijalan raya wajib mematuhi rambu-rambu lalulintas. Memakai helm, dan mengecek kondisi fisik kendaraan sebelum berkendara.

“Selain untuk mengurangi angka kecelakaan, melalui sosialisasi ini kami ingin para pelajar bisa menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas di sekolah masing-masing,” tutur Aming. (AMK)