Harimau Buas Tertangkap di Kebun Kopi

  • Whatsapp

Muaraenim, lamanqu.id –  Seekor harimau Sumatera liar berhasil ditangkap kawasan kebun kopi milik warga Desa Pelakat, Semende Darat Ulu, Muaraenim Selasa 21 Januari 2020 pukul 09.00 WIB.

Tertangkapnya harimau ini diduga dengan cara masuk ke dalam kotak perangkap (box traf) yang dipasang beberapa hari sebelumnya oleh petugas BKSDA.

Informasi yang dihimpun lamanqu.id dari kegiatan pengecekan rutin oleh tim satuan tugas (satgas) atas box traf yang terpasang.

Awalnya, dari jarak 100 meter dari jalan raya itu ditemukan satu ekor harimau dewasa di area kebun kopi milik warga Desa Pelakat Kecamatan SDU Kabupaten Muara Enim. Tim satgas yang dipimpin Danramil 06 Semendo, Kapten Inf Afrijal beserta 4 orang Babinsa dan 1 orang anggota unit intel petugas BKSDA dan petugas kehutanan segera melaksanakan evakuasi dengan cara menutup box traf menggunakan terpal dan dengan bantuan warga setempat, petugas mengangkat box traf ke atas kendaraan sesuai petunjuk dari BKSDA untuk dibawa ke Palembang.

Baca Juga :  Bantulah Masyarakat Petani Lewat Alsintan

“Hewan buas harimau dewasa yang tertangkap itu ukuran panjangnya sekitar 2 m dan tinggi 1 meter. Diperkirakan harimau yang tertangkap merupakan hewan yang selama ini meresahkan masyarakat di wilayah Semendo. Kegiatan evakuasi dari lokasi sampai dinaikkan kendaraan berjalan dengan aman dan dievakuasi menuju Posko Satgas di Desa Pulau Panggung Kecamatan Semende Darat Laut,” ungkap salah satu tim Satgas.

Kepala Desa Fajar Bulan Kecamatan SDU, Herliadi membenarkan informasi tertangkapnya seekor harimau tersebut.

“Memang benar tetapi tertangkapnya di Desa Plakat Kecamatan SDU dan harimaunya sudah dievakusi oleh petugas yang berwenang,” kata Herliadi. (AMK)

Baca Juga :  Popo Akan Segera Perbaiki Infrastruktrur Rusak Diterjang Banjir