BBPOM Palembang Temukan Makanan Tidak Layak Konsumsi

Palembang, lamanqu.id – Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Palembang menggelar sidak ke supermarket dan toko parcel di Palembang, jelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Senin (23/12/2019)

Dari hasil sidak di Hypermart Komplek Palembang Indah Mall (PIM), petugas BBPOM Palembang menemukan berbagai jenis makanan tidak layak edar.

Bacaan Lainnya

Yakni makanan yang bungkusnya rusak, izin edar sudah habis atau kadaluarsa hingga yang Tdak Kemenuhi Kebutuhan (TMK) label .

Baca Juga :  Adira Insurance Petakan Profil Keselamatan Jalan di Indonesia

Kepala BBPOM Palembang Hardaningsih mengatakan, saat sidak di Hypermart PIM pihaknya menemukan produk makanan yang tidak layak konsumsi. Pasalnya, ada kemasannya sudah penyok, sudah terbuka dan penandaanya tidak memenuhi syarat.

Untuk sidak dilakukan bersama di beberapa wilayah kabupaten kota seperti Kabupaten OKU Timur, OKI, Muara Enim, OKU selatan.

Jumlah sarana sementara yang diperiksa sebanyak 32 sarana, Makan Kadaruasa (MK) sebanyak 20 sarana (62,50 persen) dan Tidak Memenuhi Ketentuan Label (TMK) sebanyak 12 sarana (37,5 persen).

Adapun rincian TMK produk Jumlah Temuan Kadaluarsa 14 item, 214 pc, total harga Rp 872.500, tanpa izin edar 6 item, 118 pc dengan total harga Rp 3.028.000 dan TMK label 66 item, 2.384 pc dengan total harga Rp 48.012.150.

Baca Juga :  Wawako Sidak Bersama BBPOM, Temukan Produk Tak Berlabel

Dia menghimbau, kepada ritel tersebut, untuk memilih suplier yang taat aturan. Dengan meminta suplier tidak memasukkan bahan berbahaya.

”Melakukan pengawasan ke ritel supermarket ini karena menjelang akhir tahun. Supliyer suka cuci gudang dengan memberikan harga diskon, untuk produk makanan yang tidak layak edar, kita minta ritel ini untuk mengembalikan produknya ke suplier. Termasuk izin edar yang sudah habis massanya harus diperpanjang. Kalau sudah diperpanjang, boleh dijual lagi, ” bebernya.

Sementara itu, di toko buah Dunia Parcel juga, ditemukan produk makanan yang izin edarnya hampir habis, makanan yang masa edarnya hanya tinggal satu bulan lagi.

Baca Juga :  BBPOM Temukan Makanan Berformalin di Pasar Palembang

Muhammad Yusuf, owner toko Dunia Parcel menuturkan, pihaknya akan memperbaiki atas kesalahan-kesalahan di tokonya.

“Kami akan segera mencantumkan nama – nama produk dan masa edarnya pada setiap parcel yang akan didistribusikan ke masyarakat,”pungkasnya (Yanti)

banner pemkot palembang, selamat ramadhan

banner pemkot, selamat ramadhan

Pos terkait