Dibalik Kecerdasan Ada Pustakawan Yang Tidak Pernah Disadari Jasa-jasanya

Opini
Fitria Ariyani , Komunitas Literasi Save Street Child , pengiat literasi , Pustakawan , UIN Raden Fatah Palembang

Palembang, lamanqu.id – Pustakawan adalah salah satu profesi yang dapat mempengaruhi masa depan anak bangsa. Pustakawan bertugas membimbing dan mengajarkan pemustaka dalam hal mencari bahan bacaan yang sedang dibutuhkan, termasuk membimbing pemustaka agar bisa lebih baik dalam memilih buku.

Dalam UU No.43 Tahun 2007 pasal 1 ayat 8 mengatakan Pustakawan adalah seseorang yang memiliki kompetensi yang diperoleh melalui pendidikan dan/atau pelatihan kepustakawanan serta mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk melaksanakan pengelolaan dan pelayanan perpustakaan. Tujuan pustakawan sama mencerdaskan kehidupan bangsa namun tidak semua menyadarinya terhadap jasa-jasa yang telah diberikannya.

Pustakawan memberikan pelayanan kepada masyarakat dan menumbuhkan minat membaca dengan cara mengatur perpustakaan sebaik-baiknya sehingga masyarakat senang berlama-lama di perpustakan.

Suasana Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang pada jam kuliah ramai dikunjungi mahasiswa

Pustakawan sangat berjasa bagi mahasiswa karena dengan adanya para pustakawan yang ditempatkan pada perpustakaan, para mahasiswa dengan mudah mengakses buku buku sebagai referensi untuk mendukung kegiatan penelitian tentunya bagian dari kegiatan Tridarma Perguruan tinggi.

Mahasiswa dengan sebutan pengangguran intelektualitas tinggi tentu mengalami keterbatasan finansial, beragam kebutuhan mereka harus penuhi, terkadang membeli buku menjadi dilematis.

Maka solusi nya adalah adanya perpustakaan disana atas keahlian pustakawan lah yang pandai memilah buku buku berkualitas untuk kebutuhan para pengunjungnya (mahasiswa) jika tidak jangan jadi alasan minat baca rendah atas buku berkualitas minimal jadi etalase buat males orang menyentuh buku.

Diketahui mahasiswa tidak hanya dari kalangan atas saja ada juga mahasiswa dari kalangan bawah, tentu akan tidak mudah untuk membeli buku maka dengan adanya perpustakaan mahasiswa yang kurang mampu dapat meminjam buku ke perpustakaan, dan bisa menggunakan fasilitas Perpustakaan seperti Komputer, wifi karena perpustakaan bukan hanya tempat buku banyak fasilitas yang bisa kita gunakan secara gratis.

Selain itu perpustakaan juga menyediakan layanan user education (pendidikn pemakai).

Pustakawan memberikan layanan pendidikan pemakai untuk mengarahkan mahasiswa dalam mencari informasi yang relevan, akurat dan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Sungguh mulianya seorang pustakaawan yang memberikan layanan yang terbaik untuk kebutuhan mahasiswa.

Tetapi tidak hanya Perpustakaan Perguruan Tinggi Sekarang banyak pengiat literasi yang membuat perpustakaan untuk masyarakat yang kurang beruntung dalam pendidikannya, pustakawan rela meluangkan waktunya untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat yang kurang beruntung dalam pendidikan.

Seperti contoh kegiatan Komunitas Literasi Save Street Child (SSC) terhadap anak jalanan, ada juga buka lapak komunitas LSC dan ada juga pengiat literasi menggunakan perahu, menggunakan becak, gerobak dan mobil untuk berkeliling meningkatkan minat baca masyarakat apapun mereka lakukan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa indonesia.

Sekali lagi, alangkah mulianya pustakawan membangun perpustakaan yang sangat berguna untuk masyarakat, biar cerdas. Selasa (26/11/19).

Penulis : Fitria Ariyani
Mahasiswi UIN Raden Fatah Palembang Fakultas Adab dan Humaniora
Prodi Ilmu Perpustakaan