5 Perpustakaan Keren Dan Unik di Indonesia Yang Patut Kita Kunjungi 

Palembang, lamanqu.id – Indonesia, termasuk dalam negara minat baca yang rendah, membuat saya ingin membuat beberapa referensi perpustakaan menarik dan unik. Bukan hanya dengan banyaknya referensi yang bisa di dapatkan, berbagai buku jurnal, tetapi juga bisa untuk berdiskusi dengan suasana tempat yang tidak formal dan terkesan terbuka.

Tidak hanya itu, disini saya akan membahas perpustakaan untuk membuka mata para generasi millenial, bahwasanya perpustakaan bukan hanya tempat untuk mencari tugas maupun sekedar kerja kelompok. Lebih dari itu, perpustakaan merupakan jendela dunia berbagai ilmu pengetahuan yang dapat digunakan untuk mengembangkan diri kedepannya.

Bacaan Lainnya

Berikut 5 Perpustakaan keren dan unik di Indonesia Yang Patut Kita Kunjungi

1. Perpustakaan Universitas Indonesia 
Dari namanya, sudah tahu dong perpustakaan satu ini ? Benar sekali, perpustakaan keren yang pertama adalah perpustakaan pusat milik Universitas Indonesia yang terletak di dalam wilayah kampus UI, Depok. Mempunyai luas mencapai 2,5 hektar, perpustakaan UI menyediakan tiga hingga lima juta buku! Perpustakaan ini juga disebut sebagai crystal of knowledge ini bahkan dikunjungi sebanyak 20 ribu pengunjung setiap harinya.
Selain koleksi buku dan jurnalnya yang super lengkap, bentuk dan arsitektur Perpustakaan Universitas Indonesia juga unik dan keren. Perpustakaan ini berfasilitas lengkap dan terintegrasi, serta punya pemandangan yang indah yang mana kita bisa melihat danau UI.

Baca Juga :  Pemkab Muba Targetkan Raih Sertifikat Eliminasi Malaria

2. Perpustakaan Kemendikbid

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga memikili perpustakaan yang ciamik. Perpustakaan ini berdiri pada 24 November 2004, perpustakaan ini memiliki koleksi berjumlah 200 ribu judul dalam berbagai bentuk (buku, buku digital, audio visual, majalah, jurnal, Koran, dan juga jurnal elektronik). Perpustakaan ini juga di kelola berdasarkan Standar Nasional Perpustakaan yang sudah terakreditas A oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Luas lahan 1.500 meter persegi. Total jumlah pengunjung yang bisa ditampung perpustakaan ini bisa mencapai 300 orang.

3. Perpustakaan Soeman Hasibuan (HS)

Baca Juga :  Antisipasi Karhutla, HD Tunjuk Bupati dan Wako Jadi Satgas Provinsi

Salah satu perpustakaan terbaik yang dimiliki Indonesia adalah gedung perpustakaan Soeman Hasibuan (HS) Riau. Perpustakaan ini bahkan mendapatkan predikat sebagai perpustakaan terbaik se-ASEAN pada 2015. Dibangun dengan menerapkan filosofi islam, perpustakaan ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas misalnya kantin, ruang pertemuan, musala, kids corner hingga ruang auditorium.

4. Perpustakaan Microlibrari Bima

Perpustakaan yang satu ini beralamatkan Jawa Barat tepatnya di Jl. Bima, Arjuna, Cicendo, Kota Bandung, dirancang oleh SHAU Architects, yang memanfaatkan bahan-bahan daur ulang, termasuk 2.000 ember plastik untuk membangun dinding perpustakaannya. Jika Inspirator ke sini, bisa diperhatikan dengan teliti bagian dinding ember es krim tersebut sebenarnya membentuk kode biner dari kalimat “buku adalah jendela dunia”, selain meningkatkan literasi di Indonesia, sang arsitek Heinzelmann juga berharap agar perpustakaan ini mampu menumbuhkan kesadaran lingkungan.

Baca Juga :  ASN Gowes Comunity bersama Ratu Dewa Sambangi Korban Kebakaran

5. Perpustakaan Perahu Patinggaloang

Perpustakaan perahu ini berkeliling menyebrangi pulau-pulau kecil untuk membawa buku dan menyalurkannya ke masyarakat Sulawesi Barat yang tinggal di pesisir. Di perpustakaan ini memiliki 4000 koleksi pribadi yang terdiri dari majalah, novel, sampai komik tersedia dalam Perpustakaan Perahu ini. Bahkan, Muhammad Ridwan Alimunddin tak hanya merintis perpustakaan dalam bentuk perahu saja, tetapi ada juga sepeda motor, becak, dan bendi untuk menjangkau daerah-daerah lereng bukit. Perpustakaan ini beralamatkan di Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Penulis : Dwi Zuliadi
Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang
Fakultas Adab dan Humaniora
Prodi Ilmu Perpustakaan

banner pemkot palembang, selamat ramadhan

banner pemkot, selamat ramadhan

Pos terkait