Muara Enim Gelar Workshop Pembangunan Daerah

google news, lamanqu

Muara Enim, lamanqu.id – Selama kurun tiga tahun ini, Pemerintah Kabupaten Muaraenim telah melakukan sedikitnya 48 kerjasama dengan berbagai pihak.

Kerjasama ini didasarkan pada pertimbangan efisiensi, efektivitas, saling menguntungkan, menumbuhkan perekonomian, meningkatkan investasi, meningkatkan pendapatan daerah, untuk kesejahteraan masyarakat dan percepatan pemenuhan pelayanan publik.

Untuk memberikan pemahaman tentang proses, pelaksanaan serta manfaat adanya kerjasama ini, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Muara Enim menggelar workshop kerjasama pembangunan daerah dengan tema “Menuju Kabupaten Muara Enim yang Berdaya Saing dalam Bidang Kerjasama” di Ruang Rapat Pangripta Nusantara Bappeda Muara Enim, Selasa (29/10/2019).

Baca Juga :  Penguatan Budaya Bahari Tingkatkan Ekonomi Bangsa

Plt Bupati Muaraenim, H Juarsah mengatakan, banyaknya kerjasama yang telah dilakukan jangan hanya sekedar kerjasama di atas kertas saja.

Kerjasama ini, menurutnya diharapkan dapat dimanfaatkan dan dioptimalkan oleh seluruh perangkat daerah.

“Saya minta seluruh perangkat daerah agar melaporkan kegiatan-kegiatan yang dikerjasamakan secara berkala,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Muara Enim H Ramlan mengungkapkan, pada tahun 2017 dan 2018 lalu, Pemkab Muara Enim telah melakukan kerjasama dengan berbagai pihak yang dituangkan dalam bentuk kesepakatan bersama atau MoU sebanyak 28 dokumen, dan pada tahun 2019, sampai dengan saat ini telah dilaksanakan sebanyak 20 dokumen.

Baca Juga :  Kapolrestabes Kota Palembang Nyatakan Siap Di Vaksinisasi

Klasifikasi kerjasama tersebut, kata Ramlan, yakni kerjasama dengan antar pemerintah sebanyak tujuh dokumen, kerjasama dengan Perguruan Tinggi sebanyak lima dokumen, dan kerjasama dengan BUMN/BUMS/BUMD sebanyak delapan.

Selain itu juga, telah dilakukan fasilitasi kerjasama/perjanjiaan dinas luar negeri, yaitu ke Republik Rakyat Tiongkok bagi Bupati, Pimpinan DPRD dan ASN.

“Dan disisa waktu 2 bulan terakhir ini, masih ada beberapa Kesepakatan Bersama yang akan/sedang dalam proses penjajakan, dan akan dilakukan penandatangan MoU,” pungkasnya.

banner 17 agustus, baner hut ri

baner hut ri ke 77, baner pemkot

hut muba ke 66

Pos terkait