75 Anggota DPRD Provinsi Sumsel Periode 2019-2024 Dilantik

News
Pelantikan DPRD Sumsel

Palembang, lamanqu.id – Rapat Paripurna DPRD Prov Sumsel, 75 anggota DPRD Sumsel periode 2019-2024 diambil sumpah/janji digelar, Selasa (24/9/2019). Sekaligus pemberhentian anggota dewan masa jabatan 2014-2019.

Acara diawali dengan pembukaan Rapat Paripurna LXV oleh Ketua DPRD Sumsel lama, H MA Gantada SH MHum.

H Gantada dalam sambutan resminya menyebutkan para anggota dewan yang terpilih pada periode ini merupakan hasil dari pemilihan umum yang dilaksanakan pada 17 Aril 2019 lalu.

“Saya meyakini dengan berbekal semangat kerja keras, kerja cerdas serta didukung dengan kemampuan dan pengalaman seluruh anggota DPRD Sumsel ini insya Allah dapat memenuhi harapan masyarakat,” kata Gantada.

Dia menuturkan, kemitraan yang terjalin antara eksekutif dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah, kondisi ekonomi dan pembangunan di Sumsel secara bertahap menunjukkan kemajuan dan peningkatan yang semakin baik.

“Pada awal tugas DPRD masa jabatan 2014-2019, DPRD Sumsel telah mengesahkan APBD TA 2014 sebesar Rp 6,9 triliun. Dan pada TA 2019 Raperda tentang APBD Perubahan Prov Sumsel TA 2019 telah disepakati dan disetujui sebesar Rp 10,53 triliun. Ini terjadi peningkatan yang cukup signifikan. Atas nama segenap anggota dewan 2014-2019 bersama keluarga mohon diri dan moon maaf kepada semua pihak atas segala kekurangan maupun kekhilafan dalam melaksanakan tugas,” ucapnya.

Kepada anggota dewan yang baru dilantik, Gantada mengucapkan selamat bekerja semoga sukses.

Pada kesempatan ini, Sekretaris DPRD Sumsel, Ramadan S Basyeban membacakan pengumuman penyerahan palu pimpinan DPRD masa bakti 2014-2019 HM Gantada kepada Ketua Sementara Hj RA Anita Noeringhati SH MHum didampingi Wakil Ketua Sementara HM Giri Ramanda N Kiemas SE, MM.

RA Anita Noeringhati dalam sambutannya menyebutkan bahwa dirinya mengawali tugas sebagai pimpinan masa jabatan 2019-2024 akan melaksanakan beberapa tugas yang sangat mendesak antara lain memimpin rapat-rapat DPRD, memfasilitasi pembentukan fraksi, memfasilitasi penyusunan rancangan peraturan DPRD tentang tata tertib DPRD dan memproses penetapan pimpinan definitif.

Sementara itu, Gubernur Sumsel H Herman Deru dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas partisipasi Pemilukada yang sukses. Aplus buat badan penyelenggara pemilu.

“Pemprov miliki peran dalam mewujudkan sinergi antara pusat dan daerah. Peran serta dewan dan Gubernur bersama-sama mewujudkan pembangunan dan mewujudkan sinergitas dan konektivitas pembangunan,” katanya.

Apa pun pembangunan itu dapat meningkatkan angka kemiskinan yang saat ini masih di angka 12.71 persen atau masih di atas angka rata-rata nasional. Makanya saya mengharapkan 635 anggota dewan di 17 kabupaten/kota satukan visi misi. Dan telah terlaksana dan hanya Sumsel yang buat program ini. Selamat kepada yang baru dilantik, dan terima kasih pada anggota yang sudah berakhir masa pengabdian dan jasa terhadap daerah ini,” pungkasnya. (Yanti)