10 Manfaat Konsumsi Kunyit Bagi Kesehatan Tubuh

  • Whatsapp

lamanqu.id – Nama kunyit mungkin tidak asing lagi bagi kita semua, yang selalu hadir melengkapi bumbu bumbu dapur dengan cita rasa dan warna khasnya tersendiri. Ternyata kunyit tidak di manfaatkan saja bagi bumbu dapur namun juga bisa di manfaatkan untuk kesehatan tubuh dan juga sebagai menyembuh berbagai penyakit ringan yang ada pada tubuh manusia.

Sebelum membahas manfaat kunyit untuk kesehatan mari kita simak kandungan yang ada pada kunyit ini, kunyit memiliki warna kuning yang di sebut dengan rimpang, dan zat zat pada rimpang itu sendiri terdiri dari sebagai berikut:

  • Arabinosa, fruktosa, glukosa, pati, tanin dan dammar.
  • Mineral yaitu magnesium besi, mangan, kalsium, natrium, kalium, timbal, seng, kobalt, aluminium dan bismuth.
  • Zat warna kurkumin yang merupakan suatu senyawa diarilheptanoid 3-4% yang terdiri dari Curcumin, dihidrokurkumin, desmetoksikurkumin dan bisdesmetoksikurkumin.
  • Minyak atsiri 2-5% yang terdiri dari seskuiterpen dan turunan fenilpropana turmeron (aril-turmeron, alpha turmeron dan beta turmeron), kurlon kurkumol, atlanton, bisabolen, seskuifellandren, zingiberin, aril kurkumen, humulen.
Baca Juga :  Mulyana Bagikan Sembako untuk Warga Mura

Manfaat Kunyit
Sudah banyak di ketahui semua orang bahwa kunyit memiliki khasiat banyak sekali bagi kesehatan tubuh, di bawah ini ada 10 manfaat untuk kesehatan dan mengobati penyakit ringan dengan memanfaatkan kunyit:

  1. Kanker
    Berdasarkan sebuah penelitian, Manfaat kunyit bagi tubuh bisa didapatkan karena kandungan kurkuminnya dapat mengurangi pertumbuhan pembuluh darah baru pada tumor, penyebaran kanker, serta berkontribusi terhadap kematian sel kanker. Selain itu, manfaat kunyit bagi kesehatan lainnya adalah kemampuannya memperlambat penyebaran kanker payudara ke paru-paru dan bagian tubuh lain.
  2. Mencegah diabetes tipe 2
    Sebuah penelitian lain menyebutkan bahwa, manfaat kunyit bagi kesehatan juga mampu mengurangi resistensi insulin dan mencegah diabetes tipe 2 pada tikus percobaan di laboratorium.
  3. Menjaga kesehatan kulit
    Selain untuk kesehatan, manfaat kunyit bagi kesehatan juga berguna untuk perawatan kulit dan kecantikan. Karena kandungan antioksidannya, kunyit dapat membantu proses regenerasi kulit, sekaligus mengurangi pembentukan noda hitam pada kulit, jerawat dan masalah kulit lainnya.
  4. Masalah Menstruasi
    Pasti Anda sering melihat iklan minuman yang mengandung kunyit dan diklaim bisa mengatasi rasa sakit akibat menstruasi. Menurut beberapa penelitian, mengonsumsi suplemen kunyit bisa meringankan rasa sakit tersebut. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hal ini.
  5. Menurunkan berat badan
    Beberapa orang percaya bahwa jamu kunyit asam jawa telah mampu menurunkan berat badan. Kurkumin yang ada pada kunyit juga berfungsi untuk merespon peradangan pada sel tubuh, termasul sel otot, lemak dan pankreas. Dengan begitu, berat badan cenderung lebih stabil.
  6. Mengobati penyakit asam lambung
    Sebuah studi menemukan bahwa orang yang pada asupan makanannya mengandung satu sendok rempah kunyit, tubuhnya terbukti memiliki sistem pencernaannya lebih sehat. Pencernaan yang dimaksud di sini adalah lambung dan usus besar.
  7. Dispepsia (Maag)
    Menurut penelitian, mengonsumsi kunyit juga bisa membantu mengurangi gejala perut kembung pada penderita dispepsia.
  8. Mengurangi mual
    Timbulnya rasa mual bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari stres hingga adanya infeksi pada pencernaan. Apabila mual yang dirasakan terkait dengan pencernaan, manfaat kunyit bagi kesehatan adalah mengurangi rasa mual. Kandungan phytochemical di dalam kunyit ini berfungsi untuk menghadirkan antioksidan di tubuh yang berfungsi memerangi racun sehingga rasa mual Anda bisa teratasi.
  9. Menjaga kesehatan sistem saraf
    Brain-Derived Neurotrophic Factor (BDNF) adalah salah satu hormon yang bekerja dalam proses pembentukan koneksi-koneksi baru di otak. Manfaat kunyit bagi kesehatan di sini adalah meningkatkan kadar BDNF dalam otak sehingga mencegah penyakit yang berhubungan dengan otak. Meningkatnya BDNF, efek lanjutannya adalah meningkatnya kemampuan memori.
  10. Ruam kulit
    Kondisi iritasi kulit akibat liken planus (peradangan yang terjadi pada kulit, rambut, kuku, dan selaput lendir) bisa diatasi dengan mengonsumsi produk tertentu yang mengandung unsur kimiawi kunyit.
Baca Juga :  Manfaat Biji Duku Bagi Kesehatan Dan Tips Cara Pengolahan Sehingga Jadi Obat

 

vaksinasi di palembang, ayo vaksinasi, sukseskan vaksinasi di palembang himbauwan 3m dan 3t ucapan selamat untuk bupati okus ucapan selamat dari eva pelantikan bupati okus ucapan pelantikan dari linkulin ucapan dari nindi firdaus ucapan dari natalion