SMKN 5 Rehab Gedung Dari Dana Sumbangan Orang Tua Siswa

Pendidikan
Rehab gedung sekolah , SMKN 5 Palembang

Palembang, lamanqu.id – SMKN 5 Palembang memiliki gedung yang selama puluhan tahun terbengkalai karena tidak layak dipakai. Berkat, dana partisipasi dari orang tua siswa, gedung tersebut akan direhab agar layak huni.

Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 5 Palembang, Drs H Zulfikri MPd, mengatakan, pihaknya mencoba memanfaatkan sarana yang ada di lingkungannya. Sebab pemanfaatan sarana merupakan upaya yang tepat untuk memberi kualitas lebih bagi pendidikan.

“Disini ada satu unit gedung yang selama puluhan tahun terlantar. Padahal sebagai fasilitas gedung terlantar ini sangat pontensial untuk dimanfaatkan sebagai gedung serbaguna. Paling tidak, jika ada kegiatan ekstrakurikuler, gedung terlantar itu dapat dimanfaatkan tanpa melakukan sewa gedung di lokasi lain, ” ujarnya.

Namun demikian diperlukan biaya untuk rehabilitasi gedung tersebut, lanjut Zulfikri, untuk merehabilitasi gedung itu pihaknya tak mempunyai biaya.

“Pemerintah hanya menggelontorkan dana hanya untuk biaya rehabilitas ruang kelas, membangun gedung baru. Saya sempat bingung untuk meningkatkan kualifikasi gedung itu,” katanya.

Akhirnya disepakati untuk mengajak orangtua siswa untuk berpartisipasi merehab gedung tersebut.

“Alhamdulillah, dalam pertemuan dengan para orangtua siswa mereka sepakat untuk membantu rehabilitasi gedung itu secara patungan,” beber Zulfikri.

Meski ada kesediaan dari orang tua murid, namun pihaknya tidak menetapkan jumlah nilai. Berapa pun mereka rela dan mampu membantu dengan nilai seadanya, maka program itu berjalan.

“Ada orang tua siswa yang tadinya ingin menyumbang Rp 200 ribu, akhirnya memberi Rp 500 ribu. Kami tidak memaksa orang tua siswa, sifatnya sukarela, ” pungkasnya. (Yanti)