Memeriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke-74, Festival Kuliner dan Telok Abang 2019 Bakal Digelar

News
Festival Kuliner , HUT Kemerdekaan RI Ke-74 , Telok Abang

Palembang, lamanqu.id – Himpunan Putra-Putri Keluarga Angkatan Darat (HIPAKAD) Provinsi Sumsel bekerjasama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) akan menggelar Festival Kuliner dan Telok Abang 2019 pada 14-18 Agustus 2019. Acara tersebut digelar dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 tahun, dan melestarikan festival telok abang.

Ketua HIPAKAD Sumsel sekaligus Ketua KADIN Sumsel Ferdi Aligafur mengatakan, Festival Kuliner dan Telok Abang 2019 ini bertujuan untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 74. Dengan adanya acara ini pihaknya ingin melestarikan tradisi masyarakat. Sehingga masyarakat lebih memahami makna dan arti festival telok abang.

“Kita ingin terus melestarikan dan menggaungkan budaya festival telok abang ini kepada masyarakat Sumsel, khususnya Palembang,” ujarnya dalam konfrensi pers di Sekretariat HIPAKAD Sumsel Jalan Rumah Bari Nomor 13, Sabtu (10/8/2019).

Sementara itu, Ketua Pelaksana Festival Kuliner dan Telok Abang 2019 Danielianto Mardjukie menambahkahkan, Festival Kuliner dan Telok Abang ini akan berlangsung pada 14-18 Agustus yang akan di buka mulai pukul 10.00 – 21.00 WIB di Halaman Sekretariat HIPAKAD Sumsel.

“Kita menyiapkan 35 tenda untuk penggiat kuliner, cinderamata dan para sponsor. Kuliner yang disajikan di Festival ini adalah makanan khas Palembang, ” ujarnya.

“Kita bersyukur saat audiensi dengan Gubernur Sumsel, beliau sangat mendukung kegiatan ini dan menyatakan siap hadir membuka Festival Kuliner dan Telok Abang 2019 pada 14 Agustus mendatang,” tambahnya.

Danielianto menuturkan, dalam Festival Kuliner dan Telok Abang ini juga akan digelar berbagai perlombaan yakni Lomba Maumere kreasi, lomba Rebana, Lomba foto kreasi, lomba karoke lagu kebangsaan dan lomba mewarnai kapal telok abang untuk anak-anak.

“Pemenang lomba Maumere kreasi akan mendapatkan piala Gubernur dan uang pembinaan. Sedangkan pemenang lomba Rebana akan mendapatkan piala dari Kadin dan uang pembinaan,” katanya.

Dia mengungkapkan, pihaknya memilih lokasi di Sekretariat HIPAKAD Sumsel karena memiliki nilai sejarah. “Kami akan memberikan kenyamanan bagi pengunjung. Kita tata semua, mulai parkir dan lainnya. Disini nanti buka mainan untuk anak -anak yakni odong odong,” bebernya.

Untuk pedagang telok abang, lanjut Danielianto,akan diajak masuk kesini. “Semua kami tata dengan rapi dan menarik. Target kami pengunjung yang hadir lebih dari 300 pengunjung setiap hari,” pungkasnya. (Yanti)