Hadiri HUT Kabupaten OKU, Herman Deru Serahkan Bantuan Keuangan Bersifat Khusus Senilai Rp 11,5 Miliar

News
Gubernur Sumsel H Herman Deru , HUT Kabupaten OKU

Baturaja, lamanqu.id – Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru memberikan apresiasi pada masyarakat Ogan Komering Ulu (OKU) yang hingga saat ini tetap menjaga kearifan lokal baik seni budaya dan bahasa.

“Setiap ajang di tingkat nasional orang tidak pernah lupa dengan OKU. Daerah ini termasuk kabupaten yang tetap mempertahankan adat dan budaya bahkan dalam bahasa keseharian. Meski merantau jauh kemana-mana tetap terlihat dialek daerah. Keteradisionalan, tapi tidak juga ketertinggalan dalam modrenisasi,” tegas Herman Deru dalam rapat Paripurna Istimewa DPRD OKU dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten OKU ke-109 Tahun 2019 yang digedung Kesenian Baturaja Jl. Dr. Mohammad Hatta Baturaja Kab. OKU, Senin (29/7/2019).

Terkait dengan hari jadi Kabupaten OKU ke-109, Herman Deru menegaskan usia 109 bukan usia yang muda tetapi juga tidak dapat dikatakan tua karena banyak Kabupaten/kota lainnya yang jauh lebih tua. Dia berharap momen hari jadi tidak hannya sebatas serimonial. Namun harus lebih baik terutama dalam pelayanan pada masyarakat dan pembangunan disegala sektor.

“Selamat ini saya ucapkan. Dirgahayu OKU ke 109. Semoga perayaan ini mendapatkan tiga makna. Yakni intropeksi. Apa yang telah, sedang dan apa yang akan dilakukan. Evaluasi perlakukan pemerintah dan juga oleh masyarakat,” imbuh Gubernur.

Lebih lanjut Herman Deru menegaskan, sejauh ini angka kemisikinan di Kab. OKU telah menunjukan penurunan. Hal ini selaras dengan tujuan pemerintah yakni mensejahteraakan masyarakat. Untuk itu Gubernur berjanji akan memberikan bantuan untuk pendanaan pembangunan RSUD Ibnu Soetowo Baturaja sebesar Rp 25 Miliar yang akan dimasukan dalam APBD Sumsel Tahun 2020. Sebab lanjut dia masalah kesehatan juga mempengaruhi kesejahteraan.

“Tujuan akhir yang hendak kita capai adalah kesejahteraan rakyat yang ditandai dengan naiknya kesejahteraan rakyat. Dan diikuti turunnya kemiskinan. Target kita kemiskinan Sumsel 1 digit,” tambahnya.

Lebih lanjut Herman Deru mengajak seluruh jajaran Pemkab. OKU untuk lebih kreatif dengan sejumlah terobosan dan inovasi seperti inovasi dalam pengelolaan sampah menjadi sumber energi. Di samping itu dia juga mengingatkan agar kemajuan teknologi dewasa ini tidak mengurangi peran manusia. Kabupaten OKU dengan Sumber Dana Alam (SDA) yang berlimpah. Mulai dari perkebunan, pertanian dan pertambangan harus dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat.

Sebelumnya sidang Paripurna Istimewa Ke-II DPRD OKU masa persidangan ke-2 Tahun 2019 dengan agenda Peringatan Hari Jadi Kabupaten Ogan Komering Ulu ke-109 Tahun 2019 dipimpin Wakil Ketua DPRD Dra Hj. Indrawati MH dan didampingi Ketua DPRD OKU Zaplin Ipani SE serta Wakil Ketua DPRD lainnya Ferlan Yuliansyah ID Murod.

Dalam pidato pengantarnya Dra Hj. Indrawati mengucapkan selamat datang dan terimakasih pada Gubernur, Ketua TP PKK Sumsel Hj. Febrita Lustia dan Duta Literasi Sumsel Hj. Percha Leanpuri, para unsur Forkompinda Sumsel, para tokoh dan tamu undangan lainnya yang telah menyempatkan datang.

“Adapun tema HUT Kabupaten. OKU ke- 109 tahun ini adalah “Bersama Mewujudkan OKU Maju dan Sejahtera”. Tema ini kita ambil untuk mempercepat mempangunan Kabupaten OKU, menuju OKU Sehat, Maju dan Mandiri,” tegas Indrawati.

Sementara itu, Bupati OKU Drs H. Kuryana Azis dalam sambutannyan menegaskan, hari jadi OKU ke 109 diharapkan dapat menjadi inspiarasi bagi semua pihak dalam memajukan Kab. OKU.

Dalam satu tahun terakhir, Kabupaten OKU lanjut Kuryana. Kabupaten OKU telah banyak mendapatkan keberhasilan yang ditandai dengan diraihnya penghargaan baik tingkat Provinsi maupun Nasional.

“Insya Allah kebersamaan ini akan membawa tekad kita dalam membawa OKU kearah yang lebih baik lagi,” tegas Kuryana.

Dalam Peringatan HUT Kabupaten OKU ke 109, Kuryana mengajak Gubernur dan para udangan yang hadir menyimak potensi Kab. OKU dalam kilas balik terbentuknya Kabupaten OKU yang memuat diperingatinya HUT OKU tanggal 29 Juli berdasarkan dengan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 tahun 2012.

Tanggal 29 Juli dianggap lebih tepat dijadikan hari ulang tahun Kabupaten OKU karena berdasarkan sejarah dan arsip sejarah yang ada.

Mendandai HUT Kab. OKU ke 109 Tahun 2019, Gubernur H. Herman Deru menyerahkan Bantuan Keuangan Bersifat Khusus sebesar Rp 11,5 Miliar kepada Pemerintah Kabupaten OKU yang diterima langsung Bupati OKU Drs. Kuryana Aziz. Pada bagian akhir paripurna dilakukan pemotongan nasi tumpeng dan sesi foto bersama.

Nampak hadir Wakil Bupati OKU Drs Johan Anuar, para Forkompinda Sumsel dan OKU, tokoh agama, tokoh politik dan undangan penting lainnya.