Gubernur Lepas Keberangkatan 445 JCH Keloter Satu Embarkasi Palembang

Agama
Gubernur Sumsel H Heman Deru , Haji , Jemaah Calon Haji

Palembang, lamanqu.id – Sebanyak 445  orang Jemaah Calon Haji (JCH) yang terdiri atas  356 JCH asal Kabupaten OKU Timur, 86 orang JCH asal Kota Pelembang dan 3 orang Petugas TPHD yang tergabung salam kelompok terbang (Keloter) satu, embarkasi Palembang tahun haji 1440 hijriah/ 2019, dilepas keberangkatannya menuju ke Arab Saudi  oleh Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru di Asrama Haji Pelembang, sekitar pukul 10.00 WIB, Minggu (7/7).

Dalam sambutannya Gubernur Sumsel Herman Deru, mengajak para jemaah haji untuk bersyukur karena mendapat panggilan sehingga bisa berangkat menaikan ibadah haji di kota suci mekkah. Mengingat berangkat haji tidak semua orang bisa, telebih ada ribuan orang yang sedang menunggu untuk naik haji. Persoalan uang tidak jaminan begitu juga kesehatan, tapi yang jelas ini dikarenakan panggilan.

“Beryukur  kita masuk bagian dari orang yang dipanggil naik haji. Banyak orang kaya tidak berangkat haji, ada orang yang tidak disangka bisa naik haji. Oleh karena itu kita patut bersyukur. Mudah-mudahan mereka yang diberangkatan haji ini betul-betul diberikan kekuatan serta kesehatan sampai kepulangan nanti dengan membawa peredikat haji yang mabrur dan maruroh,” ungkapnya.

Dia juga berharap kepada seluruh jemaah haji agar menjadi contoh teladan dari Jemaah haji lainnya dengan menunjukan tingkah laku   dan akhlak yang baik.

“Kami sangat berharap para jemaah haji Sumsel untuk dapat menjadi  teladan bagi jemaah haji lainnya. Apalagi Kita terkenal menjadi jemah haji yang tertib. Untuk itu jaga nama baik daerah serta negara kita,” harapnya Gubernur.

Sebagai Gubernur, Herman Deru juga mengingatkan jemaah untuk senantiasa  menjaga kesehatan, jangan egois serta berkonsentrasi dalam menjalankan semua prosesi wajib dan sunah dalam berhaji.

“Saya berpesan para jemaah haji untuk terus menjaga  kesehatan, perbanyak mengkomsumsi air minum, makan yang teratur, konsentrasi dalam ibadah serta jangan egois,” himbaunya.

Sementara itu Kepala Kakanwil Kemenag Sumsel yang juga selaku Kepala Embarkasi Haji Palembang H.M Alfajri Zabidi menyampaikan jemaah haji asal Sumsel yang diberangkatkan menuju ke Arab Saudi melalui embarkasi Palembang pada musim haji 1440 hijriqh atau 2019 sebanyak 8.450 Jamaah Haji dan itu terdiri dari dua gelombang. Untuk gelombang pertama pada 7 sampai 19 juli berjumlah 13 kloter. Sedangkan gelombang kedua pada tanggal 20 hingga 25 Juli berjumlah 6 Kloter.

“Para jemaah haji diberi juga bantuan transportasi/uang saku selama di Arab Saudi oleh Gubernur Sumsel Herman Deru sebesar 1 juta rupiah masing-masing orang jemah ,”tutupnya.

Untuk diketahui jamaah haji dari OKU Timur yang diberangkatkan di koloter satu sebanyak 356 orang yang merupakan jemaah dari KBIH As-Samiah dan KBIH Iqro.

Selain itu keloter satu juga ditambah dengan JCH asal kota Palembang sebanyak 86 orang serta petugas THPD 3 orang.