Kenaikan Harga Bahan Pokok Menjelang Lebaran Masih Wajar

Ekobis
Harga bahan pokok , stok bahan pokok menjelang Lebaran

Palembang, lamanqu.id – Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan
Srie Agustina melakukan pemantauan harga dan stok bahan pokok( bapok ) menjelang Lebaran ke Pasar KM 5 dan Pasar Lemabang Palemba. Dari hasil pemantauan kenaikan harga pangan dinilai masih wajar.

Srie Agustina mengatakan, berdasarkan hasil pemantauan harga di Pasar KM 5, Lemabang, Cinde, Pasar 16, Pasar Induk Jakabaring pihaknya memantau stok di pasar untuk melihat apakah ada indikasi kenaikan harga tidak wajar.

“Dari pemantauan tim kami, harga bahan pokok (bapok) memang cenderung naik, namun stoknya cukup, ” ujarnya saat diwawancarai di Pasar KM 5, Senin (3/6/2019).

Dia menuturkan, untuk harga cabe di Pasar KM 5 Rp 52 ribu perkilogram, di Pasar Induk Jakabaring Rp 40 ribu. Untuk harga ayam bersih Rp 39-40 ribu. Untuk harga sapi sedikit naik.

“Untuk harga sayuran memang ada beberapa yang naik. Tapi untuk harga bawang putih, dan bawang merah sudah berangsur turun,” bebernya.

Ketika ditanya tentang stok daging beku, Srie mengungkapkan, untuk di Palembang konsumennya kurang berminat. Namun untuk di daerah lain seperti Jakarta, daging beku sangat diburu konsumen karena harganya Rp 85 ribu perkilogram. “Disini masyarakat lebih menyukai daging segar, walaupun harganya Rp 140 ribu. Peminatnya banyak, ” ucapnya.

“Kenaikan harga tahun ini lebih baik dari tahun lalu. Kerena kenaikannya masih wajar. Harusnya harga kembali normal pada h+1,” pungkasnya. (Yanti)