9 Mei Pelaksanaan TPA Sekolah Unggulan

Pendidikan
PPDB , Tes Potensi Akademik

Palembang, lamanqu.id – Pendataran online dan validasi Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) di 27 SMA Negeri Unggulan Provinsi Sumsel Tahun Pelajaran 2019-2020 dimulai 2-6 Mei. Pelaksanaan tes tertulis Tes Potensi Akademik pada 9 Mei.

Kabid SMA Disdik Provinsi Sumsel Bonny mengatakan, pembukaan PPDB SMAN Unggulan untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada siswa untuk mendapatkan layanan pendidikan yang sebaik-baiknya. Tahapan seleksi PPDB jalur Tes Potensi Akademik (TPA) dilaksanakan di 27 SMA Unggulan di Sumsel, untuk di Palembang ada SMAN 3, SMAN 4, SMAN 5, SMAN 6 dan SMAN 8.

“Hari ini pengumuman siswa yang mengikuti tes. Sedangkan pelaksanaan TPA 9 Mei, ” ujarnya saat diwawancarai di ruangan kerjanya, Selasa (7/5/2019).

Dia mengungkapkan, tes tertulis adalah mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA. Kelulusan seleksi penggabungan nilai raport semester 1 sampai dengan semester 5 dan TPA. Bobot 60 persen dari TPA, dan 40 persen dari nilai raport.

“Pengumuman dilaksanakan pada 12 Mei dan daftar ulang pada 13-16 Mei. Daftar ulang PPDB tidak dipungut biaya alias gratis. Bagi yang tidak melakukan daftar ulang dinyatakan mengundurkan diri, ” ucapnya.

Bagi yang tidak lulus PPDB di sekolah unggulan, Bonny menambahkan, siswa tersebut bisa mengikuti tes di sekolah jalur reguler. “Bagi yang tidak lulus di sekolah unggulan, tidak usah kecewa karena bisa mendaftar di sekolah reguler, ” pungkasnya. (Yanti)