Tiga Komoditas Ini Jadi Perhatian Khusus Jelang Ramadhan

News
bawang merah , Bawang putih , daging ayam , Harga pasar

Palembang, lamanqu.id – Menjelang bulan Ramadhan biasanya terjadi kenaikan harga beberapa komoditi. Mendekati Ramadhan tahun ini, Dinas Perdagangan Provinsi Sumatera Selatan memberi perhatian khusus terhadap tiga komuditas yaitu bawang putih, bawang merah dan daging ayam.

Hal tersebut diungkapkan Plt Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Sumsel Yustianus saat Rapat Koordinasi Wilayah TPID
Provinsi dan Kabupaten/Kota se Sumsel, Selasa (30/4/2019).

Yustianus mengatakan, untuk bawang putih sudah dilakukan operasi pasar bawang putih dan untuk stoknya juga dipastikan aman. Sedangkan untuk bawang merah di Brebes bentar lagi panen. Sedangkan untuk hasil yang ada di Sumsel belum bisa mencukupi kebutuhan maka didatangkan dari luar daerah.

“Untuk ayam kita harapkan diinformasikan harga dikandang sehingga kita tahu sisi kenaiknya dimana,” ucapnya.

Sementara itu Kabid Pengolahan dan Pemasaran Hasil dan Penyuluhan Pertianan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Sumsel, Dwi Rita Kesuma menambahkan, kebutuhan bawang merah di Sumsel sampai bulan Juni mendatang 2.078 ton.

Lebih lanjut dia menjelaskan, Sumsel memang ada penghasil bawang merah. Namun belum bisa mencukupi kebutuhan.

“Hingga Juni mendatang kebutuhan bawang merah kita masih kurang 2000 ton. Oleh sebab itu, kita perlu pasokan dari luar Sumsel,” bebernya.

Rita menuturkan, daerah penghasil bawang merah yang ada di Sumsel seperti di Musirawas dan Muara Enim. Namun kuotanya belum menycukupi untuk kebutuhan di Sumsel.”Kita harus disupali dari Provinsi lain seperti Brebes,” ucapnya.

“Untuk kebutuhan lainnya seperti beras, cabai dan sayuran masih mencukupi. Untuk cabai kebutuhan hanya 2.800 ton dan produksinya 4.600 ton, itu artinya kita masih surplus,” pungkasnya. (Yanti)