Damkar Muara Enim Pukau Penonton Dengan Atraksi Tangkap Ular 

News
Atraksi Tangkap Ular , Damkar Muara Enim

Muara Enim, lamanqu.id – Personil Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Muara Enim berhasil memukau penonton dan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) saat mengikuti lomba antar Dinas Se-Sumatera Selatan digelar di Griya Agung Palembang (12/3) kemarin. Dalam rangka penilaian kinerja pemadam tingkat Provinsi Sumatera Selatan tahun 2019. Dalam acara itu juga dilakukan penandatanganan perbatasan wilayah pemadam Kabupaten dan Kota oleh bupati dan walikota.

Dalam kegiatan itu, Kabupaten Muara Enim berhasil mendapatkan piagam penghargaan terbaik tingkat Sumatera Selatan. Para personil pemadam kebakaran melakukan simulasi ganguan hewan buas jenis ular phyton. Setelah mendapatkan informasi warga bahwa ada gangguan ular di pemukiman, petugas penyelamatan melakukan aksinya dengan cepat dan sigap merespon. Petugas berhasil menangkap dan mengamankan ular sepanjang 7 meter tersebut dengan cepat dan aman.

Aksi tersebut mendapatkan apresiasi gubernur, serta pejabat pemerintahan tingkat provinsi, kabupaten dan kota. Bahkan, para petinggi pemerintahan melakukan foto bersama ular tersebut.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Muara Enim, Ir Yulius MSi, melalui sekretaris Handono SPd MSi menjelaskan, keberhasilan tim rescue atau penyelamatan dinas pemadam kebakaran Muara Enim mendapatkan penilaian terbaik tingkat Provinsi Sumatera Selatan ini merupakan kerja keras bersama. Antara para personil dengan atasan, dan kerjasama dengan masyarakat. Kata Handono, personil penyelamatan tidak hanya bertugas menyelamatkan jiwa manusia saja. Namun para petugas dilatih untuk menyelematkan hewan yang membuat resah masyarakat.

“Dimana tugas yang sangat penting dan mereka sering berhadapan langsung dengan masyarakat seperti tugas berat para pemadam kebakaran saat memadamkan kebakaran, dan menyelamatakan jiwa manusia. Serta menyelamatkan hewan, salah satunya hewan buas seperti ular,” ungkap Handono.

Atas nama Kepala Dinas, pihaknya mengucapkan terima kasih atas kerja keras para personil di lapangan. Kemudian, mengucapkan terima kasih juga atas dukungan pemerintah Kabupaten Muara Enim. (eko)