Bukit Asam Faoundation Bakal Dirikan Sekolah Dasar dan Menengah Bertaraf Internasional

Pendidikan
Bukit Asam Faoundation , CSR PTBA , Sekolah internasional di tanjung enim

Tanjung Enim, lamanqu.id – Rencana pembangunan sekolah tingkat dasar dan menengah di lingkungan PT Bukit Asam (PTBA) segera terwujud. Perusahaan batubara milik negara itu melalui Yayasan Bukit Asam atau Bukit Asam Faoundation (BAF) bakal mendirikan sekolah SD dan SMP bertaraf Internasional di Tanjung Enim. Melalui program CSR PTBA tahun 2019 membantu dana 14,5 Milyar untuk pembangunan sekolah di sekitar Masjid Jamik Bukit Asam.

Secara simbolis bantuan diberikan oleh mentri BUMN Rini M Sumarno, didampingi Direktur Utama PT Bukit Asam, Arviyan Arifin, diterima langsung oleh ketua Bukit Asam Foundation, Julismi di sela-sela pencanangan Industri Hilirisasi PT Bukit Asam di Desa Tanjung Lalang Kecamatan Tanjung Agung.

Ketua BAF, Julismi, didampingi sekretaris H Amirudin Sapuan SH menjelaskan, bahwa pembangunan sarana pendidikan tersebut dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) sekitar PT Bukit Asam. Kata dia, bahwa pihak perusahaan memberikan kepercayaan kepada yayasan untuk mengelola pendidikan yang di support pihak PTBA.

“Selama ini Yayasan mengelola lembaga pendidikan Paud, SMA dan SMK Bukit Asam sampai sekarang sudah berjalan dengan baik. Tahun depan, (2020) akan dibuka penerimaan siswa baru untuk SD dan SMP Bukit Asam Madani,” kata Amir, selasa (5/3).

Amir memaparkan, bahwa Bukit Asam Foundation mendirikan SD dan SMP Bukit Asam Madani akan mengabdopsi kurikulum nasional dari Diknas, dan mengkolaborasi curikulum Al Azhar Cairo Mesir, dan curikulum Camridge (Internasional) mewujudkan sekolah islami berwawasan global, dan mandiri. Bangunan sekolah akan didirikan di tanah milik perusahaan dilokasi sekitar masjid Jamik Bukit Asam. Dengan bangunan dua lantai dimana pembangunan akan segera di laksanakan pada tahun ini.

“Kami sekarang sedang menyiapkan semua, termasuk rekrutmen guru, dan penerimaan nanti sesuai standar dari Al Azhar Cairo. Kami akan menjalin kerjasama dengan lembaga sekolah itu,”kata dia.

Harapan dia, dengan adanya sekolah islam bertaraf internasional ini bisa meningkatkan kualitas SDM masyarakat sekitar wilayah perusahaan. Kemudian lagi, imbuh Amir, pihaknya akan menyiapkan tenaga profesional dalam menyelenggarakan kurikulum internasional ini sesuai dengan bidangnya. Dimana, nanti seleksi tenaga pengajar akan melibatkan pihak Al Azhar Cairo dalam penjaringan. Lalu dalam proses pengembangan pendidikannya juga melibatkan kedua lembaga pendidikan tersebut.

“Rencana pendirian SD dan SMP bertaraf Internasional ini sudah lama kita rencanakan. Dan pada tahun ini bisa terwujud, mudah-mudahan nanti semuanya bisa berjalan lancar,”ungkap Amir.