HUT PAFI Di Palembang, Ketua PAFI Sumsel Himbau Lulusan D1 Farmasi Untuk Melanjutkan Kuliah Ke D3

Kesehatan
D3 Farmasi , Farmasi , HUT PAFI , Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI)

Palembang, lamanqu.id – Ketua PD Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Sumsel menghimbau agar lulusan D1 Farmasi dan SMK Farmasi melanjutkan pendidikan ke jenjang D3. Pasalnya, berdasarkan UU No 3 tahun 2014 tentang tenaga kesehatan mewajibkan seluruh tenaga kesehatan termasuk tenaga Kefarmasian minimal harus berpendidikan D3.

Hal tersebut diungkapkan Ketua PD PAFI Sumsel RH Aguscik Johar saat diwawancarai usai acara HUT PAFI di gedung Camat Sukarame, Sabtu (2/3/2019).

Aguscik mengatakan, terhitung Oktober 2019 seluruh lulusan D1 dan SMK Farmasi harus D3 jika ingin melaksanakan tugasnya di Apoteker sesuai UU.

“Jika belum memiliki ijazah D3, maka dia tidak bisa menjalankan tugasnya sesuai UU, diantaranya tidak bisa menandatangi resep, dan faktur. Tapi bisa melakukan tugas administrasi di apotik, ” ujarnya.

Oleh sebab itu, dia menghimbau para lulusan SMK Farmasi dan D1 untuk melanjutkan lagi ke D3. “Untuk ASN dan non ASN sekitar 600 orang, mereka sudah mendaftar untuk kuliah lagi D3. Himbauan kami mereka terus kuliah, agar bisa melaksanakan tugasnya sesuai UU, ” katanya.

Dia menuturkan, hari ini acara dalam HUT PAFI, baksos, pembagian abate, dan fogging. Selain itu, sebelumnya ada acara kunjungan ke panti asuhan dan donor darah.

“Jangka panjang tugas kita melindungi, kesejahteraan, dan memastikan anggota bisa berkembang. Melalui organisasi ini kita ingin anggota terus maju, ” pungkasnya. (Yanti)