Macam Macam Manfaat Kacang Hijau Rugi Jika Ditinggalkan

Kesehatan
Kacang hijau , Manfaat kacang hijau , manfaat kacang hijau buat kesehatan

lamanqu.id – Sajian bubur kacang hijau sering disajikan ibu ibu untuk keluarga, baik itu untuk sarapan pagi, pelepas lega di sore atau asupan tambahan saat nonton TV malam menjelang istirahat.

Kacang hijau juga tetap terasa nikmat baik disajikan dalam bentuk lain seperti bakpia atau onde-onde.

Kacang hijau nama lainnya adalah green gram, mung bean, golden gram, dan vigna radiate sebagai nama ilmiahnya. Kacang hijau biasa ditemukan dan diproduksi di Cina, India, Asia Tenggara, dan Amerika Selatan.

Berikut ini manfaat kacang hijau buat kesehatan kita:

1. Mencegah penyakit jantung
Suatu studi mengungkapkan bahwa kacang hijau mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang terdapat dalam tubuh. Hal ini dikarenakan ia mampu memperbaiki pembuluh darah yang rusak, dan mengurangi pembengkakan.

2. Mencegah kanker
Suatu penelitian medis mengungkapkan bahwa kacang hijau dapat mencegah kerusakan DNA dan mutasi sel berbahaya dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung polyphenol dan oligosakarida dengan kadar yang tinggi, yang mampu mengurangi perkembangan kanker.

3. Kaya protein
Berdasarkan Departemen Kimia Institut Teknologi Harbin, 85 persen dari total asam amino dihasilkan oleh albumin dan globulin yang terkandung dalam kacang hijau.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh
Fitonutrien yang terkandung dalam kacang hijau bekerja sebagai anti-pembengkakan serta mampu membantu meningkatkan imun dan menetralkan bakteri berbahaya, virus, iritasi, dan sebagainya.

5. Membantu menurunkan berat badan
Beberapa peneliti mengatakan bahwa mengonsumsi kacang hijau meningkatkan cholecystokinin, hormon yang dapat membuat seseorang mudah merasa kenyang. Hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung kadar protein dan serat yang tinggi.

6. Mengurangi efek PMS (sindrom pramenstruasi)
Kacang hijau membantu mengendalikan fluktuasi hormon yang dapat memicu gejala-gejala PMS. Hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung vitamin B6, vitamin B dan folat.

7. Melancarkan pencernaan
Masyarakat India mengonsumsi kacang hijau untuk menambah rasa serta mengurangi rasa nyeri di perut. Hal ini dikarenakan kacang hijau kaya akan serat, sehingga mempermudah proses pencernaan dan pembersihan racun dalam tubuh.

8. Mencerahkan wajah dan mengurangi jerawat
Pengobatan tradisional cina meyakini bahwa kacang hijau dapat mendorong produksi kolagen dan mempercantik kulit, karena kacang hijau mengandung phytoestrogen yang berkhasiat menunda penuaan.

9. Membersihkan tubuh dari racun
Hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung protein, tannin dan flavonoid yang efektif untuk membersihkan pestisida dan metal berat seperti merkuri dan besi dari dalam tubuh.

Tuh ternya banyak banget manfaat kacang hijau tanpa kita sadari sebelum nya. So, dari sekarang rugi rasa nya jika hindari konsumsi kacang hijau.