TP PKK Muara Enim Menjadi Penggiat Kanker Serviks Dan Payudara, Ajakan Test IVA Untuk Kaum Perempuan

Kesehatan
Infeksi Visual Asam Asetat , IVA , Kanker , Kanker payudara , Kanker Serviks , kaum perempuan , TP PKK Muara Enim

Ir Hj Sumarni MSi mengatakan, dalam upaya sinergi dengan pemerintah Kabupaten Muara Enim, TP PKK akan mengambil bagian membantu mengatasi masalah sosial masyarakat dan fokus pada kaum perempuan. Pihaknya akan turut memberikan kontribusi dalam pelaksanaan program pemeriksaan IVA Test (Infeksi Visual Asam Asetat). Dimana sampai sekarang program ini belum maksimal di Kabupaten Muara Enim. Terkendala faktor sosialisasi, dan masih minimnya kesadaran masyarakat.

“Melalui MOU ini kita bisa sukseskan program pemeriksaan IVA Test untuk perempuan untuk mencegah penyakit kanker serviks. Kita semua harus bahu membahu untuk mengatasi dan sosialisasi karena masih banyak perempuan enggan melakukan pemeriksaan IVA Test. Dengan alasan takut dan malu untuk memeriksakan organ intim,” kata Sumarni.

Kerjasama ini dilakukan karena berdasarkan data program kesehatan pemeriksaan IVA Test ini masih rendah di Kabupaten Muara Enim. Kata dia, kedepan setelah adanya kerjasama tersebut, program IVA Test harus sukses sesuai dengan target nasional. Dimana tahun 2018 sasaran perempuan usia menikah (30 th-50 th) Kabupaten Muara Enim ada 103.917 orang. Realisasi program IVA Test sebanyak 4.746 orang, dengan prosentase 11,4 persen.

“Sedangkan di Sumsel ada 16 Kabupaten dan kota pencapaian sudah diatas 60 persen. Di Kabupaten Muara Enim masih rendah, ini menjadi tugas bersama, IDI, IBI, BPJS, dan Dinas Kesehatan Muara Enim untuk meningkatkan pencapaian sesuai dengan target nasional,” kata Sumarni.

Kegiatan ini mendapatkan apresiasi pemerintah Kabupaten Muara Enim, bupati Ir H Ahmad Yani mendorong kepada TP PKK Kabupaten Muara Enim agar terus bermitra dengan pemerintah daerah dalam menjalankan fungsi dan 10 tugas pokok PKK. Kata Ahmad Yani, selama ini kegiatan yang dilakukan oleh PKK Muara Enim sudah menunjukkan eksistensinya turut dalam membangun daerah.

“Kami, pemerintah daerah senang hati ada lembaga PKK, yang kepengurusannya sudah terbentuk sampai ke tingkat desa dan kelurahan. Ini adalah salah satu langkah kongkrit yang sudah dilakukan, oleh karena itu, kepada Camat dan Kades, serta Lurah untuk mendukung program PKK ini,” ungkap Ahmad Yani.

Acara itu dihadiri juga, PLt Dirut RSUD Dr HM Rabain dr H Yan Riyadi Mars, Kepala Cabang BPJS Muara Enim Lydia Syuranti, Ketua IDI Muara Enim diwakili dr Elda Rusnita SP DA, Ketua IBI Muara Enim Nurliah SKm MM, Asisten Adm dan Umum Ir H Abdul Najib SE MM, dan Asisten Ekonomi dan Pembangunan Amrullah Jamaludin SE, serta para OPD. (eko)