Muara Enim Sandang Predikat Kota Kecil, Mendapatkan Piala Adipura ke-13 Tahun 2019

News
Adipura , Muara Enim

Muara Enim, lamanqu.id  – Kabupaten Muara Enim menjadi salah satu daerah mendapatkan penghargaan Adipura pada tahun 2019 ini. Diterima oleh bupati Ir H Ahmad Yani MM dan diserahkan wakil presiden RI H Jusuf Kalla di Gedung Istana Wakil Presiden awal pekan kemarin. Kegiatan itu merupakan program dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia yang dilaksanakan setiap tahun.

Penghargaan diberikan atas prestasi daerah yang berhasil menunjukkan kinerja pengelolaan lingkungan hidup yang berkelanjutan.

Salah satu kriteria penilaian dalam penghargaan Adipura adalah implementasi atas amanat UU Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah, yaitu upaya dan hasil dalam memenuhi target nasional pengelolaan sampah, dengan persentase pengurangan sampah sebesar 30 persen dan penanganan sampah sebesar 70 persen pada 2025 Selain itu adanya upaya upaya untuk mendorong penerapan sistem pengelolaan sampah secara terpadu mulai dari hulu sampai dengan hilir di setiap kabupaten atau kota.