Manfaat Kopi Bagi Kesehatan, Sudahkah Anda Menyeruput Kopi Hari Ini?

Kesehatan
Kopi , Manfaat kopi bagi kesehatan , Menyeruput Kopi

Ternyata menyeruput kopi secara rutin setiap hari ternyata memiliki beberapa dampak posistif baik kesehatan.

1. Kopi membuat lebih bertenaga

Pastinya Anda semua tahu bahwa kopi mengandung kafein. Stimulan kafein ini mempengaruhi cara kerja otak dan menghasilkan efek “rangsangan” yang baik bagi tubuh . Efek ini meningkatkan level energi, suasana hati, kesadaran, dan fungsi otak. Dengan meminum kopi, tubuh Anda juga dapat lebih produktif sehari-hari.

2. Mengurangi Resiko Terinfeksi Kanker dan Penyakit Lainnya

Menurut Beth Witherspoon, konsultan diet yang terdaftar untuk Perusahaan Kopi Komunitas, Konsumsi kopi sedang (3-5 cangkir setiap hari) dapat dikaitkan dengan penurunan beberapa penyakit serius.

Mulai dari mengurangi risiko diabetes tipe dua, penurunan risiko penyakit parkinson, demensia , sirosis hidup, dan kanker tertentu.

Bahkan, termasuk dapat mengurangi resiko terkena kanker hati dan endometrium.

“Pada dasarnya ini membantu Anda hidup lebih lama,” kata Janet Rich Pittman, Spesialis Pencegahan Demensia dan Penasihat Kesehatan Senior, yang dikenal sebagai The Brain Nerd.

Para ahli mencatat, bahwa manfaat kopi paling baik dicapai dengan kopi berkafein hitam.

Menurut Pittman, antioksidan kopi dapat bekerja dengan baik, kamu harus mengonsumsi kopi tanpa krim maupun gula.

3. Meningkatkan fokus

Menurut sebuah studi, kandungan kafein pada kopi dapat memengaruhi fungsi otak. Kafein yang terbawa oleh aliran darah berinteraksi dengan reseptor adenosin dan merangsang produksi serotonin, dopamin, dan nonadrenalin.

Ketiga senyawa ini membuat kita jadi lebih waspada dan fokus, yang mendorong proses berpikir jadi lebih efisien. Ketiga senyawa tersebut juga bantu memperbaiki suasana hati.

4. Menurunkan risiko demensia (pikun)

Kebiasaan meminum kopi hangat bisa menurunkan risiko tersebut. Para riset dari Swedia dan Denmark mengadakan survei terhadap lebih dari 1.400 orang dewasa yang mengonsumsi kopi setiap hari. Mereka yang minum 3 hingga 5 cangkir kopi per hari, 65 persen lebih rendah terkena risiko demensia daripada yang hanya meminum dua cangkir atau tidak sama sekali. Antioksidan dari kopi dapat bekerja untuk mengurangi bentuk demensia vaskular.

Penelitian lain yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa kafein dalam kopi dapat meningkatkan efisiensi penghalang darah otak, menggagalkan efek negatif dari kolesterol tinggi pada fungsi kognitif, serta kemungkinan meningkatnya energi yang membuat Anda lebih aktif.

5. Mencegah depresi

khasiat kopi dapat menurunkan risiko depresimenurut beberapa peneliti. Para ilmuwan dari Harvard School of Public Health melaporkan jika orang yang minum empat cangkir kopi atau lebih per hari memiliki risiko 20 persen lebih rendah mengalami depresi. Sedangkan, orang yang mengonsumsi dua sampai tiga cangkir kopi sehari memiliki risiko 15 persen lebih rendah.

Meskipun banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dari kandungan kafein pada kopi, namun ada baiknya untuk tetap membatasi konsumsi kopi.

Karena ada beberapa individu yang mungkin akan mengalami efek samping negatif dari mengonsumsi kopi.