SMK Binaan BAF Gelar Marketday, Pupuk Kemampuan Wirausaha Sesuai Minat

Pendidikan
kewirausahaan , SMK Bukit Asam

Tanjung Enim, lamanqu.id – Siswa kelas 12 SMK Bukit Asam mengikuti praktek matapelajaran kewirausahaan menggelar acara Marketday di halaman sekolah, (18/12) usai mengikuti ujian semesteran. Sebelum bagi rapot dan memasuki masa libur panjang, siswa di sekolah binaan Bukit Asam Foundation (BAF) itu mengisi dengan kegiatan ektrakurikuler di lingkungan sekolah.

Siswa kelas XII berdiri dibelakang stan masing-masing, dan suasana menjadi riuh ketika siswa kelas lain mengunjungi stan-stan marketday. Beraneka ragam jajanan anak sekolah tersaji dimeja masing-masing stan.

Kepala SMK Bukit Asam, Yayuk Sri Wahyuni SPd mengatakan, melalui kegiatan market day itu bisa memotivasi para siswa berwirausaha. Setelah lulus nantinya para siswa bisa mandiri membuka usaha sesuai dengan minat dan bakatnya.

“Disekolah ini, selain dilatih menjadi tenaga trampil dibidangnya. Anak-anak juga dipupuk ilmu wirausaha. Melalui kegiatan market day ini anak-anak melakukan praktek wirausaha,”kata Yayuk.

Selain belajar wirausaha, siswa juga belajar bekerjasama dengan tim ketika membangun sebuah usaha. Misal, imbuhnya, peserta market day ini anak-anak perwakilan dari setiap kelas. Dalam setiap stan itu terdiri 10 orang setiap kelompok. Nah, lanjutnya, dari anggota setiap kelompok itu mempunyai peran masing-masing. Misal bagian menyiapkan bahan, bagian peramu saji, bagian administrasi dan promosi.

“Selain untuk memupuk jiwa wirausaha, anak-anak melalui kegiatan ini juga untuk melatih bekerjasama dengan tim,”imbuh dia.

Kegiatan Market Day ini berhasil memotivasi para siswa untuk kreatif menampilkan apa yang bisa mereka tampilkan. Hal ini seperti terlihat dari dekorasi stand hingga variasi makanan yang mereka jual.

“Anak-anak dapat terlihat senang semuanya. Oleh karena itu kegiatan semacam ini akan kita agendakan minimal satu kali setiap tahun,”ungkapnya.(eko)