Rakor Pemilu 2019, Bawaslu Sumsel Ajak ASN Jaga Netralitas

Palembang, lamanqu.id – Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumatera Selatan (Sumsel), Iin Irwanto menghimbau kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Sumsel tetap menjaga netralitas dalam pelaksanaan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) mendatang.

Pernyataan tersebut disampaikan Iin Irwanto usai mengisi Rakor Evaluasi dan Pelaporan Pilkada Serentak 2018 serta Persiapan Pemilu 2019, Jum’at (14/12) di Hotel Swarna Dwipa Palembang.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Muba Kejar Raihan KLA ke Empat

“Bekerjalah secara profesional dan menjaga kode etik sebagai Pegawai Negeri Sipil. Dan silahkan saja ikut kampanye tapi jangan pakai seragam dan bersikap pasif saja,” terangnya

Ia menambahkan, pada pilkada 2018 lalu setidaknya ada 18 ASN yang dilaporkan melakukan pelanggaran yang sudah di rekomendasikan pihaknya ke Komisi ASN.

“Ada dua kategori pelanggaran pada pilkada lalu, yang pertama berfoto dengan pasangan calon dan berfoto dengan menunjukkan simbol dukungan ada juga yang memposting status menyatakan dukungan dan ada juga berkomentar menyatakan dukungan di media sosial,” jelasnya.

Baca Juga :  Banjir Bandang Malang, ACT dan Relawan Muda Sumsel Gelar Aksi Kepedulian

Kendati demikian, Iin menyebut pihaknya menyadari bahwa ASN ini memiliki hak suara pada pemilu 17 April 2019 mendatang.

“Sanksinya mulai dari peringatan sampai pada pemecatan, tapi kalau dia aktif berkampanye itu bisa di dipidana. Akan tetapi kamu menyadari ASN ini mempunyai hak politik pada pemilu nanti namun kendati demikian kita bisa menjaga pemilu ini secara berintegritas,” terangnya.

banner pemkot, selamat idul adha, banner hari raya kurban

pecah rekor muri

banner pemkot, selamat ramadhan

Pos terkait