Dinas Pemadam Kebakaran Muara Enim Konsen Pada Peningkatan SDM

News
Dinas Pemadam dan Penyelamatan Kabupaten Muara Enim , ujian kompetensi dasar

Muara Enim, lamanqu.id  – Pemerintah Kabupaten Muara Enim melalui Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan melaksanakan ujian kompetensi dasar bagi para pegawai Kontrak Kerja Waktu Tertentu (KKWT) dilingkungan itu. Untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) profesional bidang pemadam, penyelamatan, dan administrasi. Peserta sebanyak 100 orang dilaksanakan pada Senin (10/12) di ruang kelas SMP Negeri 7 Kota Muara Enim.

Pegawai KKWT yang mengikuti ujian ini dibagi menjadi 3 kelas seluruh peserta mengenakan seragam dinas warna biru. Soal-soal teori yang dikerjakan itu berhubungan dengan kompetensi masing-masing ketiga bidang, yakni Pemadaman, Penyelamatan, dan Administrasi.

Kepala Dinas Ir Yulius MSi, melalui Sekretaris Handono MSi menjelaskan, ujian ini dilakukan untuk mengukur intelektual para pegawai KKWT di lingkungan Dinas Pemadam dan Penyelamatan yang sebelumnya pegawai telah mengikuti praktek sesuai kopetensi masing-masing peserta. Dia menambahkan, bagi peserta terbaik dalam kegiatan ini akan mendapatkan kesempatan mengikuti ujian sertifikasi bidang pemadam dan penyelamatan di DKI Jakarta.

“Setiap tahun kita melakukan evaluasi kepada petugas, dan ujian ini adalah untuk memenuhi nilai Standart Pelayanan Minimal (SPM), meningkatkan SDM lebih profesional, dalan rangka mewujudkan visi misi bupati Muara Enim,” kata Handono.

Kata Handono, meteri meliputi psikologi dasar, dan standar kompetensi dasar di masing-masing bidang. Dalam rangka menunjang pekerjaan masing-masing pegawainya.

Sementara itu, lanjut Handono lagi, program kedepan Dinas Pemadam dan Penyelamatan Kabupaten Muara Enim akan terus meningkatkan sarana serta pelayanan kepada masyarakat. Melalui dukungan bupati dan wakil bupati Muara Enim sekarang relawan pemadam dan penyelamatan tingkat Kecamatan sudah terbentuk. Ada penambahan posko di Semende Darat Tengah (SDT), Lubay, Gelumbang, dan Muara Enim. Akan ditambah dua lagi di Gunung Megang dan Tanjung Agung.

Selanjutnya, tahun ini juga, sarana mendapatkan tambahan 1 unit mobil pemadam kapasitas air 400 liter bantuan PT Bukit Asam Tbk, satu unit dari Pemkab Muara Enim. Serta tahun depan menargetkan membangun 3 posko di Kecamatan Belimbing, Lubay Ulu, dan Rambang.

“Nanti jika sudah terisi minimal satu kecamatan satu posko, dan mobil pemadam kebakaran. Maka target respon time 15 menit bakal terpenuhi. Sampai sekarang untuk memenuhi itu kita masih terkendala tenaga, sarana dan prasarananya. Namun kejadian yang dekat dengan posko target itu sudah dapat kita tempuh,” kata Handono.