PKK Pacu Program 2019 Tidak Hanya Sekedar Sebagai Pelengkap Pemerintah

News
TP PKK Kabupaten Muara Enim

Muara Enim, lamanqu.id – TP PKK Kabupaten Muara Enim melakukan kegiatan Rapat Koordinasi bersama seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta seluruh Camat, duhadiri ketua TP PKK tingkat Kecamatan di Balai Agung Serasan Sekundang (BASS), Kamis (6/12) dibuka oleh Bupati Ir H Ahmad Yani MM. Dengan agenda menyusun program kerja bersama pemerintah daerah dalam rangka percepatan pembangunan tahun 2019.

Dalam sambutannya, Ketua TP PKK, Ir Hj Sumarni MSi menekankan kepada kepala dinas, dan camat agar melibatkan PKK dalam menyusun rencana pembangunan daerah. Dia berharap, keberadaan PKK tidak hanya sebagai pelengkap dalam organisasi daerah saja.

“Banyak hal yang saya temukan selama kunjungan PKK di desa-desa, masih kurang pengetahuan pengurus PKK desa. Selama ini PPK ikut musrembang hanya sebagai pelangkap, dan terlibat dalam seksi konsumsi. Kedepan saya berharap program PKK dari Kabupaten sampai tingkat desa bisa singkron dengan pemerintah,”ungkap Sumarni.

Lanjut dia, untuk mengatasi hal itu perlu melibatkan pemerintah Kecamatan dan pemerintah desa untuk melakukan pembinaan dan pelatihan kepada TP PKK desa masing-masing. Melalui kegiatan ini juga, imbuhnya, pengurus PKK Kabupaten Muara Enim menerima usulan, dan penyampaian inovasi program masing-masing Pokja.

“Setelah ini nanti program PKK bisa disinergikan dengan dinas instansi, dan camat, dan desa untuk pembangunan Kabupaten Muara Enim tahun depan,”imbuhnya.

Perhatian bupati Muara Enim, Ir H Ahmad Yani MM, mendukung PKK Kabupaten Muara Enim ditunjukkan dengan mengikuti sampai akhir acara Rapat Koordinasi tersebut. Dia berharap program PKK bisa mendukung pembangunan daerah dan berkontribusi untuk kesejahteraan masyarakat.

“Saya meminta kepada perangkat daerah dapat memfasilitasi mewujudkan program Pokok PKK melalui kegiatan masyarakat. Mengingat kedepan tantangan yang akan dihadapi untuk mewujudkan masyarakat Agamis, Berdaya Saing, Sehat, Mandiri, dan Sejahtera,”ungkapnya. (eko)