Diyakini Banyak Orang Karakter Menentukan Nasib Seseorang, Ini Ceritanya

Opini
Karakter , Macam2 karakter

lamanqu.id – Kebiasaan bisa menjadi sifat dan terbentuknya karakter yang menentukan nasib seseorang yang aslinya pernah ditulis :
Watch your mind, it becomes your words
Watch your words, it becomes your action
Watch your action, it becomes your habit,
Habit becomes character and your character is your destiny.

Sehari hari seorang ibu sering nasehati anak anak nya, ” payo jago mulut kau tu, kato kato kau tu biso jadi Doa” ( jaga kata kata mu nak, apa yang kamu ucap bisa bisa menjadi Doa).
Begitu penting pembentukan karakter semenjak dini mulai dari pembiasaan, pikiran, ucapan, tindakan dan kebiasan.

Menurut wikipedia Karakter atau watak adalah sifat batin yang mempengaruhi segenap pikiran, perilaku, budi pekerti, dan tabiat yang dimiliki manusia atau makhluk hidup lainnya.

Karakter Sejati

Kita sering terkagum-kagum melihat seseorang yang begitu sukses. Mereka memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa mereka begitu mudah mencapai kesuksesan mereka, mengapa mereka bisa sukses dalam waktu lama, apakah memang Tuhan sudah menghendaki seperti itu? Atau ada hal lain yang membuat mereka bisa menjadi orang sukses seperti yang sekarang ini.

Kita menutup satu mata saat melihat kesuksesan yang mereka capai. Kita tidak melihat dibalik semua pencapaian mereka. Ternyata ada peran penting yang membuat mereka begitu besar dan sukses. Kita tidak melihat karakter yang mereka miliki. Karakter inilah yang bermain penting dalam pencapaian kesuksesan mereka.

Jika mereka memiliki karakter yang mendukung kesuksesan mereka, kita juga pasti bisa membentuk karakter yang sama dengan mereka tanpa harus kehilangan keunikan diri sendiri. Kesamaan karakter inilah yang akan menghantarkan kita mencapai kesuksesan besar yang kita inginkan.

Karakter Sukses

Kita akan membahas kesamaan karakter yang dimiliki oleh orang sukses. Karakter yang Anda juga perlu miliki dan kembangkan dalam diri Anda. Mari kita bahas satu persatu.

1. Harga diri
Harga diri adalah perasaan berharga yang Anda pandang terhadap diri Anda sendiri. Apakah Anda merasa berharga atau tidak, semua di tentukan bagaimana Anda menilai diri Anda. Saat Anda menilai diri Anda berharga semakin mudah Anda mencapai kesuksesan. Saat Anda memandang diri Anda tidak berharga akan semakin sulit Anda untuk mencapai kesuksesan yang Anda inginkan.

Harga diri sangat mempengaruhi seseorang dalam berinteraksi dan membangun hubungan baik dengan orang lain. Orang yang memiliki harga diri yang baik, sangat mudah baginya menyesuaikan diri dalam lingkungan dan begitu juga sebaliknya. Sangatlah penting menjaga harga diri tetap terjaga dengan baik.

2. Percaya diri
Percaya diri adalah perasaan percaya terhadap kemampuan dan diri sendiri. Tidak masalah bila Anda berada dalam tekanan, Anda akan mengandalkan diri Anda untuk menyelesaikan semua tekanan yang Anda rasakan bukan mencari kambing hitam dari masalah yang terjadi. Orang yang mengandalkan kepercayaan dirinya akan selalu memiliki keyakinan bahwa semua yang dihadapi bisa teratasi.

Rasa percaya diri sangat berkaitan dengan harga diri. Saat seseorang memiliki harga diri yang baik maka dia akan memiliki percaya diri yang baik juga. Harga diri dan percaya diri saling berkaitan satu sama lain.

3. Sikap pantang menyerah
Apa jadinya bila Anda dihadapakah dengan tantangan yang membuat Anda langsung menyerah di tengah jalan. pastinya apa yang Anda inginkan tidak akan pernah tercapai. Setiap masalah dan hambatan yang Anda hadapi akan menjadi momok bagi Anda. Sikap mudah menyerah akan membuat Anda mencari kambing hitam atas masalah Anda, bukan menyelesaikannya.

Disinilah perbedaan besar antara orang yang sukses dengan orang gagal. Saat mereka menghadapi satu tantangan, mereka bukannya lari tetapi mencari cara agar bisa mengatasi tantangan yang ada. Itulah yang membuat mereka terlihat lebih berbeda saat dihadapkan pada tantangan atau masalah.

Tantangan atau masalah memiliki pesan yang sangat spesifik bagi pemiliknya jika mereka bisa belajar dan mencari hikmat dari masalah yang sedang mereka hadapi. Ketika seseorang berhasil mengatasi satu masalah akan membuat mereka lebih merasa kuat dan merasa mampu mengatasi masalah yang sama di masa depan.

Itulah mengapa, saat Anda menghadapi masalah, Anda wajib untuk menghadapinya, bukannya lari. Terimalah dan cobalah untuk mengatasinya. Saat Anda berhasil, sama artinya Anda naik ke tingkat yang lebih tinggi.

4. Mempercayai intuisi
Pada umunya orang juga menyamakan intuisi dengan kata hati atau suara hati. Intuisi adalah bagaian dalam diri kita yang selalu berkomunikasi dengan sangat pelan dan halus kepada kita.

Sangat mudah untuk mendengarkan suara hati. Apakah Anda pernah lagi asik nongkrong di kamar kecil dan mendapatkan ide-ide kreatif yang menjawab semua permasalah yang Anda hadapi? Anda sangat semangat ketika ide-ide itu datang.

Tapi saat Anda selesai nongkrong, Anda tidak mengingat ide kreatif yang Anda pikirkan sebelumnya. Semakin Anda berusaha mengingat semakin Anda tidak bisa mengingatnya.

Banyak orang besar menggunakan intuisinya dalam mencapai impian mereka. Mereka mengikuti bimbingan intuisinya yang membuat hidupnya berubah menjadi pribadi yang lebih baik dan bermanfaat untuk orang banyak.

Dalam buku Trush Your Intuition Develop Your Creativity karya Pepey Riawati Kurnia menyatakan contoh orang sukses yang menggunkan intuisinya. Salah satu dari contoh orang yang disebutkan adalah Tony Fernandes yang mengambil alih AirAsia dengan nilai 1 ringgit (Rp. 2.500;-) dan mengubahnya menjadi maskapai udara yang menguntungkan.

Tony dianggap gila karena banting stir dengan latar belakang sebagai orang musik yang tidak tahu sama sekali tentang dunia penerbangan. Dengan meyakini intuisinya. Dia memutuskan untuk mundur dari Time Warner yang saat itu menjabat sebagai wakil presiden direktur dan menjual semua sahamnya senilai US$ 70,00 per saham.

Tony juga menggadaikan rumahnya untuk menambah pengakuisisian AirAsia. Tony tahu dia dianggap gila tetapi dia juga percaya bahwa dia akan berhasil.

Apa yang terjadi? Tony langsung mendapatkan untung setelah tujuh bulan AirAsia beroperasi. Dalam tahun pertama di 2007 disebutkan bahwa pertumbuhan AirAsia sangat mengagumkan dengan 130 kali pendapatan dari tahun keuangan 2002 dengan keuntungan 567,6 miliar rupiah dalam tengah tahun pertama.

Kita tidak akan mengenal AirAsia dengan brand yang sangat kuat saat ini, bila Tony Fernandes tidak mempecayai intuisinya.

5. Kreatif
Dalam buku Pepey Riawati Kuria yang sama dijelaskan, bahwa orang kreatif adalah orang yang memiliki daya cipta yang unik, baik yang terlihat atau pun tidak (ide, solusi, konsep). Produk yang bisa mereka hasilkan adalah produk yang memang baru dan unggul, namun dapat berupa transformasi dari berbagai produk yang sudah ada.

Misalnya produk baru yang dihasilkan dengan menggabungkan, mengubah, merancang ulang bahkan mengurangi berbagai produk yang sudah ada sebelumnya.

Saat sekarang ini orang yang memiliki kreativitas tinggi sangat dibutuhkan dalam memberi warna baru untuk pasar. Kenyataanya sedikit sekali orang yang memiliki kretivitas tinggi, kebanyakan yang ada saat ini hanya mengikuti aturan yang sudah ada dalam lingkungan dan pekerjaan mereka.

6. Pemberani
Menurut KBBI online pengertian berani adalah mempunyai hati yang mantap dan rasa percaya diri yang besar dalam menghadapi bahaya, kesulitan, tidak takut (gentar, kecut). Pemberani adalah orang yang memiliki sifat berani untuk menghadapi tantangan dan masalah baik di dalam atau pun di luar dirinya.

Mengapa karakter pemberani sangat penting? Karakter pemberani adalah sifat pendukung yang dibutuhkan untuk membuat satu tujuan. Orang pemberani mampu membuat tujuan atau impian besar dalam hidupnya. Mereka tidak takut akan kegagalan yang akan mereka hadapi di masa depan. Saat belum mencapai apa yang mereka impikan maka mereka akan mencoba lagi dengan cara yang berbeda.

Mereka yang memiliki sifat berani dalam hidupnya tidak lari dari tanggung jawab yang mereka tanggung. Mereka akan mengambil peran dan tanggung jawab dalam menyelesaikan masalah yang mereka hadapi. Mereka sangat menjaga harga diri dan kepercayaan orang lain terhadap mereka.

7. Passion
Passion adalah satu hal atau kegiatan yang sangat Anda suka lakukan tanpa harus diminta atau dipaksa untuk melakukanya. Anda melakukanya berdasarkan rasa suka dan cinta. Saat melakukannya Anda merasa bahagia. Bila Anda sudah memiliki hal tersebut maka akan lebih memudahkan Anda untuk mencapai impian Anda yang lain.

Bagaimana Anda mengetahui kalau Anda sudah berada pada passion yang tepat dalam pekerjaan Anda? Anda bisa membaca di artikel 7 Tanda Anda Berada di Pekerjaan Yang Tidak Tepat

8. Action
Tidak hanya berangan-angan, mereka langsung melakukan action untuk mencapai impian mereka. Dengan melakukan action akan lebih memudahkan mereka mengetahui seberapa jauh mereka telah mencapai perjalanan. Apakah perlu melakukan strategi yang berbeda atau perlu mengurangi upaya yang tidak dibutuhkan dalam mencapai kesusksesan mereka.

Inilah yang banyak orang tidak berani lakukan. Ini juga yang membedakan antara orang yang sukses dan orang gagal. Orang sukses sangat mengetahui prinsip dasar ini. Dengan Anda melakukan action cepat atau lambat Anda akan semakin dekat dan mencapai impian mereka.

Banyak orang gagal iri dan dengki dengan orang sukses karena orang gagal tidak mau melakukan action dalam proses mencapai apa yang mereka inginkan. Bila Anda adalah salah satu dari mereka yang suka iri dan dengki melihat orang yang telah sukses, Anda perlu mengatasi emosi iri dan dengki terlebih dahulu. Emosi ini akan sangat menghambat Anda dalam mencapai kesuksesan Anda.

9. Komitmen
Komitmen adalah janji yang Anda lakukan terhadap diri Anda. Komitmen menandakan Anda serius terhadap hidup dan impian Anda. Komitmen juga berarti Anda siap untuk melakukan semua upaya yang dibutuhkan untuk mencapai impian Anda, tidak peduli apa pun yang Anda akan hadapi di depan.

Bila Anda komitmen dan melakukan evaluasi dalam proses pencapian impian Anda, cepat atau lambat Anda akan sampai di surga impian Anda.

Kebanyakan orang tidak berani berkomitmen terhadap impian mereka karena takut ditolak. Bila hal ini terjadi, sebaiknya Anda melihat kembali tujuan Anda. Mengapa Anda ingin mencapai impian tersebut?

Bila ternyata tujuanya tidak tepat wajarlah Anda tidak bisa berkomitmen dengan diri Anda sendiri, tapi kalau memang impian Anda bermakna dan penting bagi Anda, maka Anda harus menguatkan diri Anda untuk melewati proses yang dibutuhkan sampai ke tujuan Anda.

10. Bersyukur
Bersyukur adalah rasa terimakasih kepada Tuhan atas sesuatu yang dimiliki. Baik keuangan, kesehatan, kebutuhan dan semua hal-hal yang masih Anda terima dalam hidup. Orang yang berhasil dalam hidupnya adalah orang yang tahu berterima kasih atas apa yang sudah mereka miliki dan kepada orang-orang yang sudah membantunya selama ini.

Bersyukur adalah satu bentuk energi yang sangat kuat. Semakin sering kita bersyukur semakin kita menarik hal-hal yang kita syukuri dalam hidup. Ini sama dengan prinsip pikiran. Kesamaan menarik kesamaan.

11. Pasrah
Orang yang memiliki karakter pasrah adalah mereka yang tidak memikirkan hasil akhir dari setiap perjuangan yang mereka lakukan. Mereka fokus untuk hidup saat ini dan melakukan upaya terbaik yang bisa mereka lakukan saat ini. Masalah hasil diserahkan kepada Tuhan.

Mereka memiliki prinsip “do the best let’s God take the rest” Mereka menyadari satu hal, bahwa semakin mereka fokus kepada tujuan, semakin melekat mereka. Mereka tidak bisa memberikan upaya terbaik dalam mencapai impian mereka.

Mereka akan dihantui oleh rasa cemas, takut dan perasaan-perasaan negatif lainya yang membuat mereka sulit mencapai apa yang mereka inginkan dalam hidup.

Saya pernah membaca dalam satu buku bahwa Bob Sadino pernah berujar “Saya nggak bisa kerja kalu ada banyak pikiran, cemas, atau takut bahwa target saya nggak bisa tercapai. Yang penting, mulai melangkah. Nggak perlu pake analisis macam-macam. Agar bisa berhasil, saya perlu membebaskan otak saya dari pikiran-pikiran itu sehingga bisa bekerja optimal.

Bukankah semua sudah ada yang ngatur. Nah, kita serahkan saja sepenuhnya kepada Sang Kuasa. Kalau berhasil, ya syukur. Kalau belum, ya nggak apa-apa. Yang penting, saya terus berupaya dan bekerja.” Inilah tanda bahwa Bob Sadino begitu pasrah dan fokus melakukan upaya yang dibutuhkan.

12. Mendekatkan diri kepada Sang Hidup
Mereka (orang sukses) percaya bahwa apa yang mereka capai dalam hidupnya bukanlah hasil dari jerih payah, upaya dan usaha mereka sendiri. Mereka percaya ada satu kekuatan besar yang membuat mereka bisa mencapai apa yang mereka telah perjuangkan.

Sang Hidup. Kita sering dengar dengan sebutan Tuhan atau Allah. Mereka percaya apa pun yang mereka lakukan adalah bagaian dari campur tangan Tuhan dalam meraih kesuksesan mereka. Mereka melibatkan campur tangan Tuhan dalam perjuangan mereka.

Bentuk realisasi dari keyakinan mereka terhadap Sang Pencipta melalui doa dan ritual-ritual secara ajaran agama.

Bagaimana bila Anda belum memiliki semua karakter yang sudah di tuliskan dalam artikel di atas. Kalau begitu, Anda sudah sangat beruntung karena sudah membaca tulisan ini. Karena itu akan membantu Anda mengembangkan karakter yang Anda harus miliki untuk mencapai kesuksesan Anda.

Pertama, Anda sudah mengetahui karakter apa yang belum Anda miliki (kembangkan) dengan sangat baik. Jadi Anda sudah tahu di mana kelemahan Anda. Kedua, Anda perlu mencari solusi bagaimana meningkatkan diri Anda sehingga bisa mengembangkan karakter yang dibutuhkan untuk sukses. Yang terakhir, Anda perlu melakukan usaha untuk mengembangkan karakter tersebut setelah Anda mengetahui kekurangan Anda.